asromaasik

Serigala Ibu Kota

Totti Berambisi Patahkan Rekor Baggio

Dua Gol Totti Tahan Fiorentina

FIRENZE – Francesco Totti kembali menjadi penyelamat timnya AS Roma. Setelah pekan kemarin mencetak dua gol kemenangan ke gawang Lazio, Il Capitano melakukan hal serupa untuk menahan imbang 2-2 tuan rumah Fiorentina, Minggu (20/3/2011).

Tampil berdampingan dengan Jeremy Menez serta disokong playmaker elegan David Pizarro, Totti membukukan gol penyimbang kedudukan di menit ke-27 dan 52. La Viola sendiri yang bermain sangat agresif sepanjang pertandingan berhasil dua kali unggul melalui Adrian Mutu pada menit ke-22 serta Alessandro Gamberini di menit ke-35.

Gol pertama di pertandingan tersebut tercipta lewat tendangan kaki kiri Mutu dari sebelah kanan kotak penalti Giallorossi. Dia sebelumnya mendapat umpan manis dari Juan Vargas. 1-0 ‘pasukan bunga tulip’ memimpin sementara.

Sayang, keunggulan itu tidak bertahan lama. Hanya lima menit berselang Roma sudah bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui eksekusi penalti Totti ke pojok kiri bawah. Gol ke-200 ‘sang pangeran Roma’ tercipta usai Gianluca Comotto melanggar John Arne Riise di kotak terlarang.

Fiorentina yang sangat bernafsu meraih tambahan tiga poin kembali menuai hasil kongkret pada menit ke-35. Kali ini giliran Gamberini yang memaksa Alexander Doni memungut bola dari dalam gawang. Pemain yang biasa mengisi pos palang pintu pertahanan melakukan overlap dan menceploskan umpan tendangan sudut untuk membawa timnya kembali unggul 2-1. Kedudukan tersebut ternyata bertahan sampai masa jeda.

Tertinggal di babak kedua, Roma bermain sedikit lebih agresif. Tapi, justru Fiorentina yang mengancam gawang mereka melalui tendangan voli Vargas di menit ke-50, beruntung masih membentur mistar.

Satu menit berselang Roma benar-benar meraih hasil. Totti menahbiskan diri sebagai penyelamat Il Lupo dengan mencetak gol penyeimbang. Dia melepaskan tendangan keras dari sisi kanan area penalti dan membuat kedudukan kembali setara 2-2.

Lepas gol itu kepercayaan diri pemain Roma meningkat drastis. Tercatat mereka mampu mengancam gawang Fiorentina melalui Totti serta Menez.

Adu strategi juga dilakukan oleh masing-masing pelatih dengan menarik beberapa pemain. Sayang, upaya keras dari kedua kubu tidak membuahkan hasil sampai peluit panjang ditiup oleh pemimpin pertandingan. Skor akhir 2-2.

Dengan tambahan satu poin tersebut Roma dipastikan tetap bertahan di posisi keenam klasemen sementara dengan raihan 50 poin. Sementara, Fiorentina sementara tetap menempati posisi kesembilan dengan mengumpulkan 41 poin.
Tak Ingin Berhenti di 201 gol saja

Memasuki usia veteran, bukan berarti Francesco Totti melupakan ketajaman menjebol gawang lawan. Kapten tim AS Roma bahkan berambisi mematahkan rekor perolehan gol legenda Italia, Roberto Baggio.

Sepanjang sejarah Serie A, hanya tercatat enam pemain yang mampu mencetak lebih dari 200 gol, termasuk Totti. Hingga saat ini, penyerang 34 tahun sudah membukukan 201 gol dan masih ingin melampaui torehan Baggio, 205 gol.

Dua gol terakhir diciptakan Totti saat Roma menahan Fiorentina 2-2, pada akhir pekan kemarin. Tentunya, laga di Artemio Franchi merupakan hari bersejarah bagi Il Capitano.

“Saya bahagia, tapi saya tidak ingin berhenti sampai di sini,” cetus Totti pada La Gazetta dello Sport.

“Saat ini, saya ingin melebihi (torehan gol) Roberto Baggio. Jika saya melanjutkan performa seperti ini, maka saya akan mencapainya tahun ini juga,” janjinya, dikutip dari Goal, Selasa (22/3/2011)
Susunan pemain:
Fiorentina
– Boruc; Comotto, Gamberini, Natali, Pasqual; Behrami, Montolivo, Vargas; Santana, Mutu; Gilardino

AS Roma –  Doni; Burdisso, Mexes, Juan, Riise; Pizarro, De Rossi; Taddei, Perrotta, Menez; Totti (msy)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: