asromaasik

Serigala Ibu Kota

Kekalahan Pertama untuk Montella

Pelatih Muda -Getty ImagesRoma – Catatan bagus itu akhirnya berakhir. Setelah melalui beberapa pertandingan di Seri A tanpa pernah kalah, AS Roma yang diasuh Vincenzo Montella akhirnya takluk.

Sejak Montella ditunjuk menggantikan Claudio Ranieri, Roma sudah melakoni lima pertandingan di Seri A. Hasilnya pun relatif bagus. Tiga kemenangan dan dua hasil imbang diraih oleh I Lupi.

Itu artinya, kekalahan 0-2 dari Juventus, Senin (4/4/2011) dinihari WIB, menjadi kekalahan pertama Roma di bawah Montella. Dua gol Juve dilesakkan oleh Milos Krasic dan Alessandro Matri.

Usai pertandingan, Montella menyebut bahwa hasil-hasil laga sebelum melawan Juve telah membuat skuadnya terlena. Padahal laga dinihari tadi merupakan laga yang penting untuk Roma.

“Ini adalah pertandingan penting, ini semua berkat hasil-hasil pertandingan sebelumnya, yang mana membuat fokus kami jadi terganggu,” ujarnya di Football Italia.

“Mari kita lihat saja sisi positifnya. Kami bermain dengan baik di babak pertama dan ada peluang kami yang membentur mistar. Masih banyak yang bisa dicapai musim ini,” lanjutnya.

Andai menang, Roma bisa selangkah lebih dekat untuk masuk ke zona Liga Champions. Tapi kekalahan dari Juve membuat mereka tetap berada di urutan enam dengan koleksi nilai 50.

Jalanya Pertandingan

Bertanding di Stadion Olimpico, Roma, Senin (4/4/2011) dinihari WIB, Juve tampil tanpa dua kekuatan utama mereka di lini belakang, Gianluigi Buffon dan Giorgio Chiellini. Buffon terserang flu sementara Chiellini bermasalah dengan otot pahanya.

Pada babak pertama, Roma tampil lebih dominan. Mereka mendapat sejumlah peluang emas, namun performa apik Marco Storari di bawah mistar membuat skor kacamata bertahan hingga turun minum.

‘Nyonya Tua’ meningkatkan intensitas serangan pada babak kedua. Hasilnya, dua gol berhasil mereka ceploskan ke gawang tuan rumah, masing-masing lewat kaki Krasic dan Matri.

Dengan kemenangan ini, pasukan Luigi Del Neri tetap di peringkat ketujuh klasemen sementara Seri A dengan 48 poin dari 31 pertandingan. Sementara Giallorossi satu strip di atasnya dengan keunggulan dua poin.

Simone Pepe berpeluang membuka skor pada menit ketujuh. Namun, tendangannya dari dalam kotak penalti masih melenceng tipis di samping gawang Roma.

Pada menit ke-31, gawang tim tamu nyaris jebol. Umpan matang Mirko Vucinic membuat Fransesco Totti bisa dengan leluasa melepaskan tendangan voli di dalam kotak penalti Juve. Namun, Marco Stotari masih bisa menggagalkannya. Bola yang sempat bergulir ke arah gawang bisa disapu oleh Leonardo Bonucci.

Tiga menit kemudian, giliran Fabio Grosso yang membuang peluang. Sundulannya menyambut sepak pojok Claudio Marchisio masih melambung.

Pada injury time babak pertama, Storari melakukan penyelamatan gemilang. Sambil menjatuhkan diri, dia menepis sepakan keras Daniele De Rossi dari luar kotak penalti.

Peluang terakhir sebelum turun minum jadi milik Juventus. Lewat sebuah proses serangan balik, Alessandro Matri punya ruang tembak di dalam kotak penalti. Namun, tembakannya masih terlalu mudah ditangkap oleh Doni.

Bianconeri memecah kebuntuan pasa menit ke-60. Grosso yang menusuk ke kotak penalti melepaskan umpan chip yang disambut dengan tendangan first time oleh Milos Krasic. Bola melaju deras ke dalam gawang tanpa bisa dicegah oleh Doni.

Lima menit kemudian, Pepe menyia-nyiakan peluang matang untuk menggandakan keunggulan Juve. Punya ruang tembak yang cukup terbuka di dalam kotak penalti Roma, sepakannya malah mengarah tepat ke pelukan Doni.

Pepe kembali menguji Doni pada menit ke-69. Menerima umpan dari Marchisio, dia membalikkan badan dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Hasilnya? Lagi-lagi bisa dijinakkan oleh Doni.

Roma balik mengancam lewat Jeremy Menez pada menit ke-72. Namun, sepakan pemain Prancis itu dari dalam kotak penalti masih mengantam mistar.

Dua menit berselang, Matri mengubah skor menjadi 2-0. Lolos dari jebakan offside, striker pinjaman dari Cagliari itu tinggal berhadapan dengan Doni dan tanpa kesulitan menaklukkan kiper Brasil itu. Kedudukan 2-0 untuk Juve bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan pemain:
AS Roma: Doni, Burdisso, Mexès (Cassetti 51′), Juan, Riise, Pizarro, De Rossi, Menez, Perrotta (Taddei 74′), Vucinic (Borriello 74′), Totti

Juventus: Storari, Motta (Grygera 45′), Barzagli, Bonucci, Grosso (Sorensen 82′), Melo, Aquilani, Marchisio, Krasic , Pepe (Salihamidzic 86′), Matri.

Sumber : Detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: