asromaasik

Serigala Ibu Kota

Totti Belumlah Habis

Tiga Kartu Merah, Roma Atasi Bari 

Golnya saat AS Roma menekuk Bari membuat Francesco Totti masuk ke lima besar pencetak gol terbanyak Seri A. Ini membuktikan masa Totti di Giallorossi belum habis dan masih bisa bersaing.

Cedera dan inkonsistensi penampilan sempat membuat nama Totti tenggelam di awal musim ini. Seiring itu performa Roma di tahun ini menurun dan terjadi pergantian pelatih, dari Claudio Ranieri ke Vincenzo Montella.

Namun perlahan tapi pasti Totti kembali menemukan sentuhannya saat Montella datang ke Trigoria, markas Roma. Kini capaian pribadi sudah ditorehkan penyerang 34 tahunnya.

Membawa Roma comeback dari ketertinggalan saat melawan Bari, sumbangsih dua gol Totti membuat Il Lupi menang 3-2. Totti bahkan nyaris mencetak hat-trick andai penaltinya tak membentur tiang.

Gol ke-206 Totti selama 18 tahun karirnya di Seri A. Ia pun resmi menggeser Roberto Baggio di posisi ke-5 pencetak gol terbanyak Seri A. Totti masih berjarak 68 gol dari Silvio Piola di urutan pertama.

Totti pun jadi pemain Seri A aktif tersubur karena di bawahnya ada nama Alessandro Del Piero di posisi ke-9 dengan 184 gol dan Filippo Inzaghi  di posisi 18 dengan 155 gol.

“Aku tahu apa yang bisa kuberikan dan itu tidak akan pernah hilang,” sahut Totti yang usai pertandingan menggunakan kaos bertuliskan ‘Raja Roma Belumlah Mati’.

“Aku senang bisa mencapai rekor lain lagi dan beharapa bisa terus di level seperti ini. Sungguh memalukan penalti keduaku gagal di mana aku ingin menyenangkan musim ini,” sambungnya.

“Lalu dengan kekuatan, semangat dan determinasi, tim akhirnya bisa berlaik memenangi pertandingan. Kami bereaksi layaknya tim papan atas,” ungkap suami Ilary Blasi itu.

Kemenangan ini membuat Roma  tetap memelihara peluang ke Liga Champions musim depan. Saat ini Roma ada di urutan ke-5 dengan 59 poin, selisih satu poin dengan Lazio, yang baru bertanding malam nanti kontra Juventus.

“Jika kami hanya imbang tadi maka musnalah harapan untuk posisi keempat. Kini kami hanya tertinggal satu poin di belakang Lazio dan dapat menekan mereka. Kini semua tergantung mereka apakah bisa tampil hebat melawan Juventus Senin malam nanti.”

“Ketika Anda tidak meraih hal baik di dalam lapangan lalu Anda bereaksi dan cepat bertindak. Skuad ini tetap bersatu, tangguh dan mau membuktikan jika kami masih ada,” tutup Totti di Football Italia.
Roma mengatasi tuan rumah Bari 3-2. Pertandingan yang dilangsungkan di Stadion San Nicola ini diwarnai tiga kartu merah, dua di antaranya untuk Giallorossi.

Rekaman Pertandingan

Laga Bari kontra Roma di Stadion San Nicola, Senin (2/5/2011) dinihari WIB berkesudahan 3-2. Bari sempat dua kali unggul 1-0 lewat Simone Bentovoglio dan 2-1 berkat gol Erik Huseklepp.

Namun begitu Francesco Totti selalu berhasil mencetak gol penyama. Kemenangan tim tamu dipastikan oleh pemain pengganti Aleandro Rosi di masa injury time babak kedua.

Pertandingan diwarnai tiga kartu merah, masing-masing untuk Daniele De Rossi dan Simone Perrotta (Roma), serta Kamil Glik (Bari).

Skor seri membuat koleksi poin Il Lupi menjadi 59 dan berada di possi kelima klasemen sementara. Seperti dilansir dari situs resmi Seri A (www.legaseriea.it), poin Roma sama dengan yang dimiliki Udinese, namun secara head to head, Roma lebih unggul dari Udinese. Tim ibukota Italia dua kali mengalahkan I Zebrette musim ini, masing-masing dengan skor 2-0 (20/11/2010) dan 2-1 (9/4/2011).

Sedangkan koleksi nilai Bari tetap 22 dan berada di dasar klasemen sementara. I Galletti sendiri sebelumnya sudah dipastikan degradasi.

Jalannya Pertandingan

Bari membuka skor di menit ke-25 melalui penalti Simone Bentivoglio. Sebelumnya sepakan 12 pas diberikan setlah bek Roma Juan handsball di kotak terlarang.

Lima ment berselang, AS Roma berhasil mencetak gol penyama. Tendangan bebas Francesco Totti menembus gawang yang dijaga Jean Francois Gillet.

Setelah membuat kedudukan imbang, Roma lebih intens menekan. Namun justru Bari yang berhasil kembali unggul tiga menit menuju jeda. Gol bagi tim berjuluk I Galletti hadir setelah umpan silang Jamie Romero Gomez berhasil ditanduk Erik Huseklepp.

Roma harus bermain 10 orang usai Daniele De Rossi menerima kartu merah, sebagai hukuman akibat aksinya yang menyikut wajah Simone Bentivoglio.

Kiper Bari Gillet menggagalkan serangan Roma yang datang lewat sepakan Totti dari luar kotak penalti di menit ke-54.

Roma mendapatkan hadiah penalti di menit ke-56 usai Juan dilanggar Alesandro Parisi. Totti yang tampil sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya dan membuat skor menjadi 2-2. Gillet sudah bergerak ke arah yang benar. Namun usaha kiper asal Belgia itu masih kalah cepat dari tendangan Totti.

Tuan rumah selanjutnya dua kali hampir menjebol gawang Roma. Yang pertama saat Juan hampir membuat gol bunuh diri. Usahanya mencegah bola silang yang dilancarkan pemain Bari, mengarah ke gawang sendiri. Beruntung bagi Il Lupi, bola masih membentur gawang.

Berikutnya sepakan dari luar kotak penalti yang dilancarkan Bentivoglio masih di samping kiri gawang yang dijaga Alexander Doni.

Roma kembali mendapatkan penalti di menit ke-78 setelah Kamil Glik melanggar Marco Borriello. Pelanggaran ini juga berbuah kartu merah bagi bek Bari tersebut. Totti kembali menjadi ekeskutor. Namun kali ini sepakan kapten Il Lupi itu masih membentur tiang gawang.

Kedua tim saling melancarkan tekanan di sisa waktu. Peluang Roma lewat sepakan Marco Cassetti di empat menit menuju peluit panjang, masih belum berhasil menjebol gawang Bari.

Mistar gawang menggagalkan peluang Bari yang diciptakan oleh Abdelkader Ghezzal di menit terakhir pertandingan.

Kartu merah kembali hadir dari saku wasit, kini ditujukan kepada Simone Perrotta yang melanggar Andrea Masiello.

Gol! Di masa injury time, Roma berhasil menjebol gawang Bari melalui pemain pengganti Aleandro Rosi. Gol ini berawal dari umpan silang John Arne Riise dari sisi kiri, bola kemudian ditanduk oleh Borriello. Bola mengenai Rosi dan menembus gawang tim tuan rumah.

Susunan Pemain

Bari: Gillet; Glik, Belmonte, Parisi, Masiello, Donati (Ghezzal 72), Gazzi, Kopunek, Bentivoglio, Huseklepp (M.Rossi 82), Gomez (Alvarez 72)

AS Roma: Doni; Juan, Burdisso, Riise, Cassetti (Rosi 88), De Rossi, Pizzaro, Vucinic (Taddei 53), Menez (Borriello 46), Totti, Perrotta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: