asromaasik

Serigala Ibu Kota

Pemain Terbaik AS Roma

Hasil Polling: Pemain Terbaik AS Roma Untuk Musim 2010/11 Pilihan Pembaca GOAL.com Indonesia

Rosella Sensi & Francesco Totti - AS Roma  (Getty Images)

Artikel ini merupakan update dari “DEBAT: Siapa Pemain Terbaik AS Roma Musim 2010/11?” yang diterbitkan pada 8 Juni lalu.

Berikut hasil jajak pendapatnya:

Francesco Totti
81.5%
Daniele De Rossi
7.7%
Jérémy Menez
3.7%
Marco Borriello
2.22%
Mirko Vučinić
2.22%
Juan
0.96%
Fabio Henrique Simplicio
0.74%
Marco Cassetti
0.74%
Simone Perrotta
0.22%


AS Roma mengawali kompetisi dengan keyakinan tinggi. Setidaknya, mereka bisa mengulang sukses musim lalu saat menduduki peringkat dua Serie A Italia dan kembali mencapai final Coppa Italia.

Harapannya Roma mengincar Scudetto keempat. Pelatih Claudio Ranieri membangun skuad untuk menghadapi kompetisi dengan meminjam Marco Borriello dan Paolo Castellini. Roma juga mendapatkan dua bersaudara, Nicolas dan Guillermo Burdisso.

Namun, Roma mengawali kompetisi dengan hasil buruk. Pada laga perdana yang digelar di Olimpico, Roma secara mengejutkan ditahan tim promosi 0-0. Pekan berikutnya, Roma dibantai Cagliari 5-1. Mereka baru bisa meraih kemenangan pada pekan kelima setelah mengalahkan Inter 1-0.

Roma akhirnya memang tak pernah mampu bangkit. Penampilannya cenderung naik turun sehingga lebih sering menghuni papan. Ranieri kerap mengubah skema permainan karena tidak pernah bisa menurunkan tim terbaik. Mulai dari cedera pemain, akumulasi dan penampilannya yang memang buruk.

Di Liga Champions, penampilan Roma juga tak konsisten. Bahkan Ranieri terang-terangan menyalahkan pemain atas kekalahan 2-0 dari Bayern Muenchen. Beruntung, Roma masih bisa lolos dari babak penyisihan meski akhirnya tersingkir di babak 16.

Ranieri akhirnya harus terhenti di tengah jalan. Gagal menang pada lima pertandingan berturut-turut mengakibatkan dia didepak. Posisinya digantikan Vincenzo Montella.

Mantan striker Roma ini sesungguhnya tak bisa dikatakan sukses sebagai pelatih sementara. Meski demikian, ia masih bisa mengantarkan Roma ke final Coppa Italia. Setidaknya, Montella tetap berperan membawa Giallorossi berlaga di Liga Europa musim ini.

Namun ada tiga pilar utama yang menjadikan Roma tetap berada di level atas. Siapa saja mereka. Kita lihat saja.


1. Daniele De Rossi | Gelandang
Daniele de Rossi

Usia: 27
Penampilan: 39 kali
Gol/Assist: 3/5
Kartu: 9 2

Tetap menunjukkan konsistensinya musim ini. Daniele de Rossi merupakan kekuatan lini tengah tim.

Namun semuanya berubah setelah De Rossi melakukan blunder fatal. Dia menyikut pemain Bari Simone Bentivoglio dalam pertandingan yang dimenangkan Roma 3-2. Akibat tindakannya, de Rosssi dikartu merah.

Parahnya, gelandang berusia 27 ini juga dikenai sanksi larangan bermain sebanyak tiga kali. Ini berarti, ia harus absen sampai kompetisi berakhir. Pasalnya, Roma tinggal menyelesaikan tiga pertandingan lagi.

Padahal, Roma tengah berjuang keras masuk zona Liga Champions. Harapan itu pun pupus. Dari tiga pertandingan, Roma hanya meraih tiga poin. Mereka ditahan AC Milan 0-0 dan dihajar Catania 2-1. Di laga pamungkas, Roma menang 3-1 atas Sampdoria. Dan, Roma akhirnya hanya bisa mencapai peringkat enam.

2. Francesco Totti | Striker
Francesco Totti

Usia: 34
Penampilan: 39 kali
Gol/Assist: 17/10
Kartu: 5 1

Seperti menjadi kebiasaan, Totti selalu kesulitan saat mengawali musim kompetisi. Apalagi, pelatih Claudio Ranieri kerap mengubah formasi tim setiap pekan. Ranieri juga tak lagi menaruh kepercayaan penuh kepada the Golden Boy.

Ironis bila Totti lebih sering dibangkucadangkan ketimbang Marco Borriello, Mirko Vucinic and Jeremy Menez. Hasilnya, dia hanya mencetak tiga gol dari 21 pertandingan.

Situasi berubah setelah koleganya Vincenzo Montella menggantikan Ranieri. Dengan formasi 4-2-3-1 yang diusung Montella, Totti kembali mencapai performa terbaik. Kepercayaan yang diberikan Montella dijawabnya dengan gol-gol di setiap pertandingan.

Musim ini juga ditandai keberhasilan Totti melampaui rekor gol legenda Italia Roberto Baggio. Kini, dirinya menjadi pemain kelima sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Serie A. Totti menutup musim kompetisi dengan menjadi topskor klub setelah mencetak 15 gol di Serie A.

3. Juan Silveira dos Santos | Bek
Juan

Usia: 32
Penampilan: 36 kali
Gol/Assist: 2/3
Kartu: 5 0

Pemain yang berani berterus terang bila Roma telah mengalami kegagalan di musim ini. Mereka gagal memenuhi target yaitu kembali berlaga di Liga Champions.

Usia Juan memang sudah kepala tiga. Namun, dia masih menunjukkan konsistennya menjaga daerah pertahanan Roma. bek tengah berusia 32 ini juga masih menjadi pilar kekuatan Brasil.

Padahal, dia sempat diragukan saat direkrut Roma dari Bayer Leverkusen pada 2007. Juan dibeli untuk menggantikan Christian Chivu yang hengkang ke Inter Milan.

Namun, ia mampu menjawab keraguan. Benteng pertahanan Roma kembali kokoh sejak kedatangannya. Hanya, dia dinilai belum mencapai performa terbaik, termasuk musim ini.

Pemain Terbaik AS ROMA Musim 2010/11
Pilihan
GOAL.COM Indonesia
– Francesco Totti –
Francesco Totti


Momen Terbaik
Musim Ini:

Mencetak dua gol yang mengantarkan Roma menang 3-2 atas tuan rumah Bari, 1 Mei. Tak sekadar kemenangan, dua golnya menjadikan Totti melampaui rekor Baggio. Dia mencetak gol ke-205 dan 206.

Sumber : Goal.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: