asromaasik

Serigala Ibu Kota

Luiz Enrique

Luis Enrique Tak Menyesal Gabung Roma

28-04-2012 21:01

 Luis Enrique Tak Menyesal Gabung Roma

Luis Enrique tak menyesal gabung Roma © AFP
Bola.netLuis Enrique menegaskan jika ia tak punya rasa penyesalan sedikit pun bergabung dengan AS Roma, meski ia terancam gagal membawa Giallorossimencapai hasil positif musim ini.Pelatih muda Spanyol itu datang ke ibukota Italia dengan kesepakatan kontrak dua tahun pada musim panas lalu, namun musim debutnya di Italia tak berjalan dengan manis sehingga banyak yang menganggap ia akan pergi musim panas nanti.”Saya tak pernah menyesal datang ke sini. Sungguh merupakan kebahagiaan besar bisa menjadi pelatih Roma. Ini klub yang mengagumkan dengan fans yang luar biasa,” ucap mantan pelatih Barcelona Bitu.”Tahun depan Roma bukan lagi milik saya, ini akan jadi milik Romanisti, milik fans. Tak masuk akal membicarakan masa depan sekarang. Hal terbaik saat ini adalah fokus pada laga lawan Napoli. Di akhir musim, saya akan bicara dengan klub tentang masalah dan solusinya.”

Roma saat ini masih punya peluang, meski tipis, ke zona Liga Champions, namun rangkaian tiga kekalahan dari empat laga terakhir membuat mereka tertahan di posisi ketujuh – lima poin dari Lazio di peringkat ketiga.

“Saya jelas merasa kami bisa membalikkan situasi ini. Kami memang di posisi ketujuh dan layak berada di sana saat ini, namun masih ada empat laga tersisa dan kami harus memenanginya serta bertarung untuk tujuan terakhir musim ini,” ucapnya.  (foti/row)

______________________________________

Enrique Tegaskan Bahwa Roma Tak Tiru Barcelona

01-04-2012 10:35

 Enrique Tegaskan Bahwa Roma Tak Tiru Barcelona

Luis Enrique tak ingin buat Roma seperti Barcelona (c) AFP
Bola.net – Pelatih AS Roma, Luis Enrique, membantah bahwa ia sedang mencoba membuat Il Lupi menjadi seperti tim terbaik di dunia, Barcelona.Enrique sempat bekerja sebagai pelatih tim cadangan di Barca, sampai kemudian mengambil alih jabatan di ibu kota Italia pada musim panas silam.Di Roma, Enrique berusaha menerapkan permainan umpan pendek dan penguasaan bola pada pemain-pemainnya yang menjadi ciri khas Barca, sehingga hal tersebut memicu perbandingan dengan raksasa Catalan.Namun Enrique mengatakan bahwa Giallorossi akan percuma meniru tim Josep Guardiola.”Saya tidak mencoba untuk bermain seperti Guardiola atau Barcelona. Mengulang gaya mereka, dengan pemain-pemain dan kebudayaan mereka, akan mustahil,” tegas Enrique.”Gaya permainan yang memimpin anda menuju kejayaan adalah salah satu yang saya pikir sebagai gaya yang menghibur dan disukai para penggemar,”  tambahnya.”Gaya kami adalah gaya Roma, di mana saya terbawa di sini, namun ini tidak seperti Barcelona. Gaya Barca memiliki karakteristik yang beradaptasi dengan pemain-pemain mereka, dan (gaya) kami diadaptasi oleh pemain-pemain kami.””Memang bisa serupa dan benar bahwa kami tidak melepaskan bola-bola panjang. Namun kami tidak dapat bermain dengan cara di mana pemain seperti (Lionel) Messi menaklukkan empat atau lima pemain.””Atau seperti (Andres) Iniesta, Xavi, Messi, dan (Daniel) Alves, yang membawa bola melewati sekitar lima pemain tanpa kehilangan (kendali bola)nya,” tandas Enrique seraya mengatakan bahwa dirinya hanya berupaya untuk membuat klub tersebut kembali kompetitif.  (afp/end)

____________________________________________________________________________________

Enrique: Roma Mulai Tunjukkan Perkembangan

18-03-2012 20:15
Enrique: Roma Mulai Tunjukkan Perkembangan

Enrique, tatap masa depan yang lebih baik dari Roma (c) AFP

Bola.netLuis Enrique mengakui akhirnya AS Roma kini mulai menunjukkan perkembangan yang cukup baik, dan dirinya yakin dengan masa depan Il Lupi.Giallorossi mengakhiri rekor buruk ketika tampil di kandang lawan dengan mengalahkan Palermo dengan skor tipis 1-0, Roma bermain cukup baik dan taktis, terutama lini pertahanan mereka.”Di sebuah pertandingan ada banyak kesempatan yang tercipta bagi lawan Anda dan Anda harus selalu siap untuk kembali bangkit. Setelah beberapa bulan, kami akhirnya memulai hal ini dengan baik,” ujar Enrique.”Kita harus terus memegang bola dan kami tahu bagaimana cara memenangkannya dengan cepat. Untuk melakukan ini, kami membutuhkan sistem permainan yang terus kami latih setiap pekan.””Saya terus melihat perkembangan setiap bulan, jadi serangkaian kekalahan tak akan membuat saya berubah pikiran. Saya tahu hasil akhir adalah yang terpenting dan saya tahu itu sejak saya lahir. Saya terus melihat perkembangan, tapi Anda membutuhkan kualitas dan karakter untuk lepas dari tekanan.””Untuk saat ini kami memiliki karakter tersebut,” tegas mantan pelatih Barcelona B ini.
(foti/end)
_____________________________________________________________________________________________

Genoa Mengaku Pernah Bidik Luis Enrique

13-03-2012 12:12

Genoa Mengaku Pernah Bidik Luis Enrique

Sebelum ke Roma, Luis Enrique pernah didekati Genoa © AFP
Bola.net – Kubu Genoa mengungkapkan jika mereka sudah menunjukkan minat pada Luis Enrique sebelum pelatih Barcelona B itu akhirnya memutuskan gabung AS Romadi musim panas kemarin.Pelatih asal Spanyol itu datang ke ibukota menggantikan posisi Vincenzo Montella dan diikat dengan kontrak berdurasi dua tahun, namun sebelumnya ia ternyata pernah juga didekati Il Grifoni.”Nama Luis Enrique diajukan pada kami, tapi kami tak mencapai kesepakatan dengannya,” ujar direktur Genoa, Stefano Capozucca pada Forza Roma.”Saya menganggapnya sebagai pelatih yang valid dan Roma mengambil keputusan yang sangat baik. Meski mengawali kesulitan di awalnya, yang itu sudah diperkirakan, Roma akan kembali ke papan atas liga.”Di tangan Luis Enrique, permainan dan filosofi Giallorossi berubah drastis dan mereka dianggap menggenggam masa depan cerah meski sebagaimana dialami setiap tim muda, mereka kerap mengalami masalah konsistensi. (foti/row)

_________________________________

_____________________________________________________________________________

Luis Enrique Ingin Lima Tahun Lagi Bersama Roma

10-03-2012 03:00

Luis Enrique Ingin Lima Tahun Lagi Bersama Roma

Luis Enrique berencana tinggal lama di Roma © AFP
Bola.netLuis Enrique memiliki rencana jangka panjang bersama AS Roma. Pelatih berdarah Spanyol itu mengungkapkan niatnya untuk mengarsiteki Giallorossisetidaknya lima tahun lagi.Enrique terikat kontrak sampai 2013 di Olimpico dan tengah berada dalam tekanan akibat inkonsistensi yang ditunjukkan Roma di musim pertamanya ini.Akan tetapi, mantan pelatih Barcelona B itu yakin bahwa gaya permainan yang dianutnya bisa sukses diterapkan di Roma.”Saya di sini untuk empat atau lima tahun lagi,” ujarnya jelang pertandingan melawan Palermo.”Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam sepakbola, tapi jika berhak menentukan, saya akan bertahan hingga lima tahun ke depan.””Apakah proyek saya gagal? Ketika datang ke sini, saya tahu ini takkan mudah, tapi saya takkan menyerah di tengah jalan.”Roma kalah empat kali dalam enam pertandingan terakhirnya, termasuk di Derby della Capitale melawan Lazio pekan lalu. Pekan ini (11/3), Giallorossi bertandang ke markas Palermo. Kemenangan sangat dibutuhkan demi mengembalikan tim ke jalur positif. (foti/gia)
______________________________________________________________________________

Roma Tak Menyesal Datangkan Luis Enrique

08-03-2012 14:23
Roma Tak Menyesal Datangkan Luis Enrique

Luis Enrique masih belum bisa membawa Roma bersinar © AFP

Bola.netAS Roma menegaskan jika mereka sudah mengambil keputusan yang tepat dan pilihan yang tak pernah mereka sesali kala menunjuk Luis Enrique sebagai pelatih di musim panas kemarin.

Pelatih yang masih belum kenyang pengalaman di papan atas itu tiba di ibukota Italia dengan hanya berbekal pengalaman melatih di Barcelona B sepanjang karirnya, dan sejauh ini pencapaian skuad Giallorossi polesannya pun masih tak konsisten.

Namun kendati Roma kini terperangkap di posisi keenam Serie A, tertinggal 10 poin dari Lazio di posisi ketiga atau spot terakhir Liga Champions, manajemen memastikan keyakinan total untuk pelatih asal Spanyol itu.

“Kami akan melakukan pilihan yang sama lagi,” ujar direktur Walter Sabatini pada Sky Sport Italia.

“Kami percaya total pada pelatih kami karena kami melihat bagaimana kinerjanya setiap hari dan karena caranya memahami sepak bola. Ia membawa mentalitas baru pada skuad ini, hal yang kami inginkan dan kami tak menyesal sama sekali tentang Luis Enrique.”

“Orang selalu menyalahkan sang pelatih, namun ia hanya bisa menurunkan pemain yang ia punyai – dan saya yang memutuskan siapa yang akan bertahan dan pemain baru mana yang kami datangkan,” tandasnya. (foti/row)

____________________________________________________________________________________

Enrique Tak Akan ke Barcelona”

21-02-2012 19:45

 "Enrique Tak Akan ke Barcelona"

Enrique bakal terus bersama Roma hingga 2013 (c)AFP

Bola.netAS Roma membantah kabar yang menyebutkan dalam klausul kontrak Luis Enrique disebutkan bahwa pelatih asal Spanyol tersebut bisa kembali ke Barcelona.Mantan pelatih Barcelona B tersebut kini mulai dihubungkan dengan Blaugrana, hal itu menyusul belum ditandatanganinya perpanjangan kontrak yang diberikan kepada Josep Guardiola.Namun, Direktur Umum Roma, Franco Baldinidengan cepat membantah kabal tersebut.”Luis akan terus bersama kami hingga 2013 dan hal itu sudah pasti,” ujar mantan asisten Fabio Capelloini.
“Tak ada klausul dalam kontraknya dan masa depannya dengan tak kami tak diragukan lagi,” tegas Baldini.Enrique memulai karir profesionalnya sebagai pelatih tim senior bersama Roma setelah sebelumnya selama tiga tahun mengabdikan diri di Barcelona B. (foti/end)

______________________________________

Luis Enrique: Identitas Roma Sudah Merupakan Kemenangan

04-02-2012 18:30

 Luis Enrique: Identitas Roma Sudah Merupakan Kemenangan

Luis Enrique lebih senang Roma mendapatkan identitasnya © AFP
Bola.net – Pelatih AS Roma, Luis Enriquemengaku sudah merasa senang timnya bisa meraih identitas permainan yang ia inginkan, bahkan dirasanya itu lebih penting dari hasil yang sudah mereka catat sejauh ini.Giallorossitampil dengan filosofi baru yang diusung Luis Enrique dari Spanyol, namun kendati menjadi salah satu tim yang dominan dalam permainan, hasil yang mereka bukukan tak selalu baik dengan tim saat ini terdampar di posisi keenam klasemen.”Setiap laga saya selalu bertanya-tanya di mana saya bisa berbenah, tak hanya dalam kekalahan, namun saya tak bisa melakukannya dengan terang-terangan. Saya melakukan yang terbaik untuk tim ini dan terus optimis, melihat bagaimana mereka berlatih setiap hari,” cetusnya.”Roma punya identitas, ini saja sudah merupakan kemenangan. Jika kami memberikan 100% namun tak memperhatikan detail, kami bisa saja kalah dengan mudah. Saya masih yakin tim ini ada di jalur yang benar.””Kami punya identitas, namun saat ini jauh tertinggal dari pemucuk klasemen, tapi siapa tahu yang terjadi di masa depan? Dalam banyak laga kami sudah begitu superior dari lawan namun kami membuat kesalahan. Saya senang melihat adanya sebuah identitas.””Lihatlah Juventus, mereka bermain 100%, mereka tahu jika level mereka turun, mereka bisa berada dalam kesulitan. Mereka memiliki level fisik yang tinggi dan bagus secara teknis. Juga Barcelona harus memainkan tiap laga dengan 100%,” imbuh Luis Enrique.”Intensitas, untuk melakukan semuanya 100%, itulah yang membuat Anda menjadi hebat. Kami membutuhkan kinerja tim, ini hanya masalah kebiasaan dan konsentrasi. Ada masanya ketika kami harus mengalami kesulitan.””Saat kami menang, para pemain muda dipuji dan ketika kami kalah, mereka tak dipandang hebat. Tim ini lebih dari itu, kami menang dan kalah bersama-sama – pemain muda, tua dan juga pelatih. Tim lebih penting dari segalanya.”Akhir pekan ini Roma harus meladeni perlawanan Inter yang akan menyambangi Stadio Olimpico. (foti/row)
__________________________________________________________________________________________

Luis Enrique: Roma Nyaris Sempurna

23-01-2012 07:00

 Luis Enrique: Roma Nyaris Sempurna

Luis Enrique sangat terkesan performa Roma © AFP

Bola.netLuis Enriquemasih terkesan dengan penampilan anak asuhnya kala menghancurkan Cesena akhir pekan kemarin dan menyebut performa AS Roma nyaris sempurna.Giallorossimengemas empat kemenangan beruntun – di luar laga lawan Catania yang dihentikan, ketika melumat tamu mereka itu 5-1 di Stadio Olimpico.”Inilah sepak bola yang saya pikir dinikmati semua pelatih dan pemain, plus ini memberi kami peluang lebih baik untuk memenangkan pertandingan,” tutur pelatih asal Spanyol itu.”Hari ini laga terlihat begitu mudah karena kami nyaris sempurna. Saya masih yakin Cesena adalah tim yang bagus dengan kualitas tinggi, namun kami bermain di level yang teramat tinggi.”Ini merupakan titik balik yang sempurna juga untuk Enrique mengingat ia sudah banyak menuai protes setelah Roma dipermalukan Fiorentina bulan lalu.”Apa yang berubah? Itu pertanyaan jutaan euro. Tak mudah untuk pelatih asing yang tak berbicara bahasa Italia dengan baik untuk membiarkan para pemainnya memahami permainan yang ia inginkan,” lanjutnya.”Saya melihat tim ini mengikuti perintah saya sejak hari pertama dan kami harus bekerja keras demi menemukan identitas kami. Masih banyak yang harus diperbaiki, tapi hari ini babak pertama sungguh indah. Saya harus memberikan kredit 100% untuk para pemain saya.” (foti/row)

___________________________________________________________________________________________

Luis Enrique Merasa Belum Tepat Perpanjang Kontrak

21-01-2012 19:30

 Luis Enrique Merasa Belum Tepat Perpanjang Kontrak

Luis Enrique merasa belum pantas dapat kontrak baru © AFP
Bola.net – Pelatih AS Roma, Luis Enriquemengatakan pada manajemen klub bahwa ia masih harus memberikan bukti jika ia memang layak mendapatkan perpanjangan kontrak di Stadio Olimpico.Giallorossikemarin mengumumkan jika mereka sudah mengajukan perpanjangan kontrak untuk pelatih asal Spanyol itu, namun Luis Enrique mengatakan jika pembicaraan macam itu masih bisa menunggu.”Saya masih memiliki setahun setengah dalam kontrak saya saat ini. Saya masih memiliki banyak pekerjaan untuk menunjukkan jika saya memang seharusnya diberikan kontrak baru,” tegasnya dalam konferensi pers jelang lawan Cesena pekan ini.”Tawaran klub sungguh luar biasa, tapi saya sudah katakan pada mereka jika saatnya sekarang belumlah tepat. Lagipula, saya bisa kalah dalam empat laga beruntun dan kemudian dianggap sebagai idiot. Saya kini hanya pikirkan Cesena.””Cesena memiliki potensi serangan yang penting. Mereka memiliki pemain berkualitas macam Adrian Mutu, Eder, Antonio Candreva dan Marco Parolo,” lanjutnya.”Ini tak akan jadi laga mudah. Saya memperkirakan akan menghadapi tim yang berbahaya, tapi saya ingin melihat tim Roma yang kembali memainkan ritme permainan tinggi demi kembali ke jalur kemenangan.” (foti/row

_______________________________________________________________________________

________________________________________________________________________________________

Taktik Luis Enrique Mulai Menuai Kritikan

Taktik Luis Enrique Mulai Menuai Kritikan

Luis Enrique mulai mendapat kesulitan besar di Roma © AFP
08-12-2011 15:15
Bola.net – Setelah AS Roma mendapatkan hasil buruk dalam beberapa pertandingan terakhir, pelatih Luis Enriquepun kebanjiran kritik pedas atas taktik yang ia terapkan.Giallorossimenderita kekalahan beruntun dalam dua laga terakhir mereka di Serie A lawan Udinese dan Fiorentina, sehingga menyebabkan sejumlah kubu fans menyerukan pemecatan eks pelatih Barcelona B itu.Tak hanya dari fans, sejumlah sosok legendaris klub juga mulai menyuarakan ketidakpuasan mereka, di antaranya adalah mantan bintang Roma, Ruggiero Rizzitelli dan Picchio De Sisti.”Hati saya sakit sekali melihat Daniele De Rossi dipasang di antara defender. Itu bukanlah gaya bermain dengan penguasaan bola, namun hanya menahan bola,” cetus Rizzitelli pada Gazzetta dello Sport.”Dalam latihan Anda akan mendapatkan 10 poin untuk setiap 10 sentuhan. Tapi sepak bola berbeda dari latihan. Adalah hal yang lumrah jika fans mulai kehilangan kesabaran, terutama di kota yang amat menuntut macam Roma.””Lebih baik Anda memberikan proyek ambisius dengan banyak pemain muda ini pada pelatih yang berpengalaman, atau lakukan ini di luar Roma. Tim yang harus menang membutuhkan rangka yang solid dan di sini para pemain semuanya tak di posisi asli mereka, tak punya orientasi dan kejelasan.””Jika Enrique tak menginginkan penyerang tengah, maka mengapa mereka memiliki Marco Borriello? Dalam bertahan, ia menginginkan pemain yang bisa memainkan bola, tapi sebaliknya ia malah mendatangkan Simon Kjaer– penempel yang bagus tapi dengan kaki yang payah,” kecamnya.Sementara De Sisti menyuarakan nada serupa, “Menjaga penguasaan bola tanpa memiliki tembakan ke arah gawang tak akan membawa Anda kemana pun. Perubahan terus menerus hanya membuat skuad tak stabil, dan memakai De Rossi seperti itu adalah kesia-siaan total.” (foti/row)

________________________________________

Bila Menguntungkan, Enrique Siap Ubah Taktik

Windi Wicaksono – Okezone-Minggu, 6 November 2011 07:33 wib
Luis Enrique /Daylife

Luis Enrique /Daylife
NOVARA– Pelatih AS Roma Luis Enrique berharap timnya dapat bermain dengan cara yang sama seperti saat mereka menaklukkan Novara 2-0. Enrique juga diperingatkan tentang perlunya Bojan Krkic mendapatkan tempat sejak menit pertama.Enrique kembali mengubah line-up pemainnya saat mengalahkan Novara, Minggu dinihari WIB, tetapi mereka baru benar-benar unjuk gigi setelah Bojan keluar dari bangku cadangan dan mencetak gol pembuka Giallorossidi menit ke-73.”Saya tidak berpikir Bojan suka menjadi pengganti, karena saya percaya itu selalu lebih baik bagi seorang pemain untuk berada di luar sana selama 90 menit, tapi semua orang harus mendapatkan tempat sejak awal,” kata Enrique seperti dilansir Sky Sport Italia, Minggu (6/11/2011).”Itu lebih sulit di babak pertama karena lawan kami menekan, tapi kami lebih efektif. Mereka lelah setelah istirahat dan tidak bisa melakukannya dengan cara yang sama,” ungkap mantan pemain Barcelona ini.

“Ada situasi yang tidak biasa bahwa kami masih benar-benar harus bekerja keras. Bila hasilnya menguntungkan bagi kami, kami mengubah cara kami bermain, begitu juga tim yang berbeda setelah kami mengalami kebuntuan,” cetusnya.

“Pertandingan ini baik bagi kami, saya meminta tim untuk bermain dengan cara yang sama dari menit pertama sampai ke-90. Begitu kami mendapatkan bola kembali, dua striker kami mampu membawa kemenangan. Bojan dan Pablo Osvaldo melakukannya dengan baik,” tandasnya. (win)

_________________________

Luis Enrique: Jarak Roma dan Milan Terlalu Jauh

Bola.net 31-10-2011 09:55

Luis Enrique: Jarak Roma dan Milan Terlalu Jauh

Luis Enrique akui Milan lebih baik © AP
Bola.net – Menyaksikan anak asuhnya dibantai AC Milan 3-2 di kandang sendiri akhir pekan kemarin, pelatih AS Roma, Luis Enriquemengaku jika ‘ada jarak yang terlalu jauh di antara mereka berdua’.Giallorossiharus menelan kekalahan kedua beruntun di Serie A, setelah pada laga tengah pekan juga dipaksa bertekuk lutut 2-1 di kandang Genoa.”Ada jarak yang terlalu besar di antara kami,” terang mantan pelatih Barcelona B itu.”Kami melepaskan banyak tembakan, namun tanpa keberanian yang diperlukan untuk pertandingan macam ini. Di babak pertama, kami tak bisa mendekati gawang mereka, dan kenyataannya adalah kami tak punya peluang untuk memenangi laga ini.””Sepanjang pekan kami membahas masalah bertahan dari bola mati. Ada perbedaan absurd antara gol Nicolas Burdisso di mana ia melompat dalam kawalan ketat Gianluca Zambrotta, dengan gol Alessandro Nesta yang memiliki ruang begitu bebas seolah ia bermain di kandang sendiri.”

“Dalam laga macam ini, detail kecil menentukan perbedaan. Kami masih belum menjadi tim besar dan kami harus berbenah. Anda bisa melihat kurangnya pengalaman juga, yang lebih berhubungan dengan konsentrasi daripada usia,” lanjutnya.

“Saat saya datang ke sini, semua orang tahu bagaimana ide permainan saya. Saya selalu memasang lineup yang saya anggap terbaik untuk memenangi situasi itu.”

“Kami kehilangan banyak hal, termasuk keberanian, dan sayalah yang bertanggung jawab,” tutupnya. (foti/row)

______________________________________

Enrique: Roma Belum Siap Buru Scudetto

Enrique: Roma Belum Siap Buru Scudetto
26-10-2011 10:01

Bola.net – Kekuatan yang dimiliki AS Roma musim ini dirasa belum cukup untuk bisa memenangkan Scudetto. Pendapat ini malah datang dari pelatih Il Lupi, Luis Enrique di tengah-tengah persiapan menghadapi Genoa di Marassi dalam lanjutan Serie A Italia.

Sebelumnya Fabio Capello menganggap Roma sebagai salah satu kandidat peraih Scudetto musim ini. Namun rupanya Enrique tidak setuju dengan pendapat bos timnas Inggris itu.

“Saat ini kami bukanlah tim yang mampu meraih Scudetto. Kami belum siap untuk itu. Untuk terus meraih kemenangan, Anda butuh mekanisme permainan yang penting, dan saat ini Roma tidak punya elemen itu,” ucap Enrique seperti dikutip oleh Il Corriere dello Sport.

“Kami masih berkembang, tumbuh dan kami menjadi lebih baik dibandingkan hari pertama di pertandingan pra musim, kami berkembang dengan pesat. Tidak ada gunanya melihat papan klasemen saat ini.”

Lawan tangguh AC Milan sudah menunggu Roma di akhir pekan nanti, tetapi Enrique tetap fokus pada pertandingan berikutnya melawan Genoa.

“Genoa adalah lawan yang kuat dan serangan balik mereka berbahaya. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi kami, dan mereka juga memilki waktu istirahat lebih lama dari kami (Genoa bermain menghadapi Juve pada hari Sabtu minggu lalu),” imbuh mantan pelatih Barcelona B itu.

Genoa menghadapi Roma dijadwalkan digelar pada Kamis (27/10) dini hari. Roma saat ini menduduki posisi ke-6 dalam klasemen sementara, sedangkan Genoa berada 6 tingkat di bawah mereka. (corr/mac)

______________________________________________________________________

Roma Menang, Enrique Senang

Bola.net – 24-10-2011 06:37

Roma Menang, Enrique Senang

Bola.net – Pelatih AS Roma, Luis Enrique mengaku sangat senang timnya bisa meraih kemenangan atas Palermo.

Roma berhasil bangkit dari keterpurukan setelah meraih hasil mengecewakan ketika dikalahkan Lazio di Derby Della Capitale.

“Hasil akhir selalu menjadi hal yang paling penting, tapi kami juga terus berusaha untuk bermain sepak bola menyerang dan terus memperbaiki diri,” ujar Enrique.

“Ketika hasil diperoleh, itu membuat segala sesuatu menjadi lebih baik.”

“Kemenangan atas Palermo ini sangat penting. Saya berterima kasih pada penampilan para pemain yang berhadapan dengan lawan yang bagus.”

Di pertandingan tersebut, gol tunggal Roma dicetak oleh pemain baru asal Argentina, Erik Lamela.

Enrique pun langsung memberi pujian kepada pemain yang baru saja sembuh dari cedera yang dialaminya ketika masih memperkuat River Plate.

“Lamela adalah pemain yang kuat yang masih perlu berkembang. Saya suka sikap dan karakter yang ditunjukkannya hari ini,” pungkas Enrique. (foti/end)

_______________________________________________________________________________________

Luis Enrique: Derby Yang Mengecewakan

Bola.net 17-10-2011 18:15
Luis Enrique: Derby Yang Mengecewakan
Bola.net – Wajah Luis Enrique tertunduk lesu di akhir pertandingan Derby della Capitale. Sang Allenatore AS Roma tersebut tak sanggup menyembunyikan kekecewaannya.

“Akhir pertandingan yang mengejutkan. Sangat memalukan kami kalah di pertandingan ini setelah apa yang telah kami lakukan,” ujar Enrique kepada Sky Sport.

“Ketika kami berpikir bahwa pertandingan akan berakhir seri ternyata mereka bisa mencetak gol tambahan. Semestinya kami bisa bermain lebih baik lagi di babak pertama tapi gol balasan itu menjatuhkan mental kami.”

Lazio bisa bangkit ketika mereka tertinggal dan pada akhirnya mereka berhasil menyulitkan kami.”

Giallorossi sebelumnya sempat memimpin lebih dulu lewat gol Pablo Osvaldo pada awal pertandingan. Kedudukan menjadi berbalik ketika tendangan penalti dari Hernanes dan gol dari Miroslav Klose di akhir pertandingan mengoyak gawang Biancoceleste.

Hasil dari pertandingan itu membuat Roma bertengger di posisi 12 klasemen Serie A sementara Lazio merangkak naik ke posisi 4.  (esp/rev)
_________________________________________________________________________________________

Enrique: Roma Sudah Ada Kemajuan, Tinggal Butuh Waktu
Bola.net – 17-10-2011 06:50
Enrique: Roma Sudah Ada Kemajuan, Tinggal Butuh Waktu

Bola.net – Pelatih AS Roma, Luis Enrique tak begitu menyesali kekalahan dari lazio dalam Derby Roma semalam, sebab ia yakin anak asuhnya sekarang sudah mulai ada kemajuan.

Derby semalam itu akhirnya urung berakhir seri karena di penghujung laga Miroslav Klose menjadi penentu kemenangan Lazio. Pelatih asal Spanyol itu pun mengaku ia sempat berpikir laga tersebut akan berakhir seri.

Mamma mia, hasil akhir yang sulit dipercaya. Saya pikir kami sudah bisa meraih hasil seri, tapi kami tidak mendapatkan keberuntungan yang kami butuhkan,” kata Enrique dalam konferensi pers usai pertandingan.

Walau kalah, pelatih asal Spanyol ini mengakui kalau usai pertandingan itu ia sudah mendapatkan pelajaran bagi anak asuhnya. “Kami harus melakukan sesuatu yang lebih dalam permainan dan efektifitas kami. Kami harus terus bermain di 90 menit dengan apa yang telah kita lakukan pada 15 menit awal,” terangnya.

Ia menegaskan, “Tapi terlepas itu semua, kami sudah mengalami kemajuan, kami hanya butuh waktu.”    (afp/mxm)

________________________________________

16 Oktober 2011 | 01:50

Enrique Siap Hadapi Derby della Capitale

Luis Enrique/dok.Getty Images Pelatih Luis Enrique mengerti pentingnya Derby della Capitale antara Lazio versus AS Roma, Minggu (16/10). Kendati demikian, Enrique tak peduli Roma bakal menang atau kalah dalam derby itu.

“Saya mengerti pertandingan ini istimewa sejak dua bulan lalu. Ini penting bagi tim, fans dan klub. Kami akan tampil dengan kondisi bagus, tapi yang paling penting hasil debry tak akan mempengaruhi persiapan kami,” papar Enrique.

“Sudah jelas pertandingan ini tak seperti pertandingan lainnya, tapi saya tidak khawatir dengan kemenangan atau kekalahan dalam derby ini. Saya hanya ingin melakukan yang terbaik agar tim saya bisa memenangkan setiap pertandingan,” lanjutnya.

Melawan Lazio, Roma dipastikan tak akan diperkuat Francesco Totti. Kapten I Giallorossi ini harus absen karena dilanda cedera paha. Miralem Pjanic akan menggantikan posisi Totti. (Adek)

______________________________________

Luis Enrique: Ini AS Roma Yang Saya Mau

Luis Enrique: Ini AS Roma Yang Saya Mau

03-10-2011 10:00
Bola.net – Setelah dengan sabar menanti, hasil buah kerja dari Luis Enrique perlahan mulai terlihat sepertinya di Olimpico. Untuk kedua kalinya secara beruntun AS Romameraih angka penuh.Kali ini kemenangan didapat di kadang mereka sendiri, Atalantayang datang melawat sanggup disikat dengan skor 3-1. Beberapa saat setelah partai itu berakhir orang Spanyol tersebut bertutur inilah permainan Roma yang ia maksud.Dirinya mulai puas dengan penampilan Bojan Krkiccs, yang perlahan bisa menjalankan gaya sepak bola yang ia maksud dan yang ia maukan.”Ketika kami mencapai gol dengan sebuah penguasaan itu akan lebih baik, karena penguasaan bola berarti kamu bisa bergerak secara vertikal maupun horisontal,” ucap sang allenatore.”Kami membutuhkan kemenangan kandang pertama kami untuk menciptakan persatuan yang lebih erat antara fans dan tim. Ini sangat penting ketika Anda merasakan kepercayaan para pendukung dan ketika Atalanta mencetak gol, dukungan mereka membantu kami melalui itu.””Saya ingin semua yang ada di stadion menikmati sepakbola kami dan rasa lapar kami untuk mencetak gol. Saya senang dengan kinerja ini dan kami berada di jalur yang benar, tetapi untuk melakukan itu membutuhkan semua pemain, bukan hanya 11.””Ini adalah jenis sepak bola yang saya inginkan. Kami telah memenangkan dua partai sekarang, tapi masih ada jalan panjang untuk dilalui. Saya senang memiliki banyak pilihan, karena tidak ada pemain yang otomatis masuk ke tim inti bagi saya,” pungkas mantan pemain Real Madrid dan Barcelona itu. (foti/lex)

______________________________________

02 Oktober 2011 | 03:05

Roma Sempat Kesulitan Meladeni Atalanta

Luis Enrique/ dok.DaylifeKemenangan meyakinkan diraih AS Roma atas Atalanta, (1/10). Meski begitu, Pelatih Luis Enrique mengaku timnya sempat mengalami periode sulit, khususnya pada awal babak pertama. Namun, secara keseluruhan Enrique mengaku senang dengan pencapaian timnya.

Bagi Roma, inilah kemenangan kandang pertama mereka musim ini. Performa skuad I Lupi semakin membaik dari laga-laga sebelumnya. Enrique juga turut senang taktik yang diterapkannya sudh mulai berhasil dijalankan Francesco Totti cs.

“Ketika kami ingin bermain dengan ball-possession, itu bagus. Tapi taktik itu berarti bagus dalam pergerakan vertikal maupun horizontal. Pada awal laga kami sempat kesulitan, Atalanta bermain baik, tapi tempo permainan kami membaik. Saya pikir kami terlalu memiliki jarak antarlini,” beber Enrique.

Dengan kemenangan ini, Enrique yakin timnya akan semakin solid. Terlebih dia juga bisa merasakan dukungan penuh dari suporter di Olimpico terhadap skuadnya.

“Kami memang butuh kemenangan di kandang untuk membuat kami semakin menyatu. Sangat penting ketika kita merasakan kepercayaan dari suporter. Dan ketika Atalanta mncetak gol, mereka (fans) membantu kami melewatinya. Saya ingin seluruh stadion menikmati permainan kami. Saya senang dengan performa tim, dan skaud telah berada di jalur yang benar. Inilah permainan yang saya inginkan. Kami menang dua kali, tapi perjalanan masih jauh,” pungkas dia. (irawan)

_______________________________________

Enrique Puas Melihat Performa AS Roma

Enrique Puas Melihat Performa AS Roma

26-09-2011 14:31

Bola.net – Pelatih baru AS Roma, Luis Enriquetak bisa menyembunyikan kegembiraannya usai meraih kemenangan perdana bersama Roma di Serie A.

Sundulan Pablo Osvaldo di babak kedua sudah cukup untuk menyegel kemenangan di kandang Parma. Hasil ini tentu akan sedikit mengendurkan tekanan kepada Enrique yang mengambil alih posisi Vincenzo Montella musim panas lalu.

“Saya puas dengan kemenangan melawan tim tangguh yang banyak menyulitkan kami hingga akhir pertandingan,” ucapnya kepada Sky Sport Italia.

“Saya senang dengan hasil ini serta melihat penampilan kami. Tidak diragukan lagi, kami bisa bermain lebih baik, sekalipun ada beberapa pemain yang masih trauma dengan kebobolan di menit akhir.”

Roma saat ini berada di posisi ke-11 dengan torehan 5 poin, dan Luis Enrique ingin melihat timnya terus melanjutkan performa sukses mereka di pertandingan selanjutnya melawan Atalanta.

“Atalanta adalah tim yang sangat tangguh, hingga kini mereka belum terkalahkan dan bisa saja memimpin klasemen jika saja tidak terkena sanksi 6 poin.”

“Tetapi kami ingin kemenangan di hadapan pendukung kami, Mereka layak mendapatkannya karena selalu memberikan support kepada kerja keras kami,” pungkas Enrique. (sky/mac)

___________________________________________________

Luis Enrique Optimis Kemenangan Bakal Tiba

22-09-2011 14:14- Bola.net
Luis Enrique © ASRoma.itBola.netLuis Enrique yakin jika AS Roma tengah mengarah ke jalan yang benar dan bakal segera mengecap kemenangan perdana mereka musim ini.

Kendati start mereka kurang menggigit, Giallorossi tetap mendapatkan sambutan hangat fans usai menahan imbang Inter Milan di San Siro akhir pekan kemarin.

Pelatih berusia 41 tahun itu mengatakan para pemainnya sangat ingin membuktikan kapasitas mereka serta membalas kepercayaan dan reaksi positif dari pendukung setia mereka saat mereka menjamu Siena dini hari nanti.

“Saya tak bisa mengukurnya, namun jelas itu amat membantu untuk kepercayaan, masa depan serta menciptakan keseimbangan,” terangnya.

“Menghadapi Siena akan menjadi laga yang rumit untuk kami. Kami harus menciptakan banyak peluang dalam menyerang, namun di saat bersamaan harus memperhatikan cara untuk meredam serangan balik mereka.”

“Saya lihat tim yang ingin menang, yang merasa berutang pada fans mereka. Saya rasa ini laga yang sempurna untuk kami. Saya harap ini akan jadi laga yang hebat, dan minat kami selalu sama, untuk menang.”

“Kami mempersiapkan laga ini dengan cara tertentu karena kami yakin inilah jalan terbaik untuk meraih hasil. Saya yakin jika inilah jalan terbaik untuk mencapainya,” imbuh mantan pelatih Barcelona B itu.

“Saya tak peduli jika saya dikomplain saat gol tak datang, karena saya yakin itu akan datang dengan segera. Saya tak cemas kami sekarang tak mampu mewujudkannya karena saya tahu hasil bagus akan segera tiba.”

“Kami membutuhkan kemenangan karena tim ini bekerja di jalan yang benar, dan kemudian saat semua berjalan lancar, mereka tentu ingin melihat hasilnya.” (foti/row)

____________________________________________________________________________________________
Tahan Inter, Luis Enrique Puas Performa Roma
19-09-2011 16:40-Bola.net
Luis Enrique © APBola.net – Pelatih AS Roma, Luis Enrique mengaku sudah cukup puas dengan penampilan anak asuhnya saat menahan imbang tuan rumah Inter Milan tanpa gol di San Siro kemarin.

Dalam laga tersebut Giallorossi mendominasi penguasaan bola, namun mereka tak mampu menutup laga dengan gol dan kemenangan sehingga harus puas dengan satu angka pertama mereka musim ini.

“Karakter kami adalah hal terpenting, karena sejak menit awal kami menekan mereka di area sendiri. Saya bahagia dengan hasil ini, meski seharusnya bisa lebih baik,” kata pelatih asal Spanyol itu.

“Hasil ini membantu kami bekerja lebih rileks dan Anda bisa melihat tim ini berkembang. Semua pemain tampil baik. Inilah tim yang saya inginkan, tim dengan kompetisi, dahaga dan hasrat menang. Saya tak mau menyebut satu nama saja.”

Luis Enrique pun menjelaskan strateginya memasang Simone Perrotta dan Rodrigo Taddei sebagai bek sayap.

“Saya lakukan itu demi mendapatkan penguasaan bola lebih baik karena filosofi kami adalah mempertahankan bola sepanjang pertandingan. Tak mudah melakukannya malam ini karena Inter bermain baik, namun saya di sini untuk menampilkan gaya bermain saya,” terangnya.

“Memang benar kami memiliki resiko besar, namun kami selalu berpikir itu layak diambil demi mendorong tercapainya tiga angka. Saya selalu menegaskan jika menyerang adalah bentuk pertahanan terbaik.”

“Jelang akhir laga, kami sedikit lelah dan melakukan kesalahan dengan umpan mudah. Saat kami dalam kondisi lebih baik, kami tak akan melakukan kesalahan itu,” lanjutnya.

“Para pemain saya bekerja dengan sikap yang benar dan saya khususnya bahagia untuk mereka, karena mereka mewujudkan kinerja menjadi poin dan itu akan menghadirkan keyakinan yang kami butuhkan.” (foti/row)

____________________________________________________________________________________________
 Saya Tidak Hanya Duduk di Bangku Cadangan
17-09-2011 06:45-Bola.net

Sekalipun belum menunjukkan hasil positif bersama AS Roma, namun Luis Enrique merasa jabatannya sebagai pelatih Giallorossi tidak sedang terancam.

Enrique menegaskan jika dirinya siap membawa Roma ke pintu kesuksesan, dan meminta dukungan dari semua elemen untuk mewujudkan tujuannya itu.

“Saya tidak akan berdiam diri di bangku cadangan. Saya datang kesini untuk menularkan gairah dan ide saya dalam sepak bola,” ucap Enrique saat jumpa pers jelang laga melawan Inter Milan.

“Minggu lalu, saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran direksi atas dukungannya untuk tetap memberi kepercayaan kepada saya. Saya merasa mendapat dukungan secara total, sekalipun saya paham jika semuanya tergantung kepada hasil akhir di lapangan,” imbuhnya.

Mantan pelatih Barcelona B ini lantas beralih kepada pertandingan menghadapi Inter Milan di San Siro.

“Ini akan menjadi laga yang sulit bagi kedua tim, karena kami berdua tidak mengawali musim ini dengan baik. Kemenangan akan membangkitkan rasa percaya diri kami,” ucap Enrique.

“Saya tidak tahu apakah Inter akan memasang tiga atau empat pemain di barisan pertahanan. Tetapi taktik apapun yang digunakan oleh Gasperini ini tetaplah laga yang sulit bagi kami dan saya berharap dapat pulang dengan membawa kemenangan.”

“Namun saya bisa yakinkan kepada Anda, jika lebih banyak pertandingan yang kami lalui, semakin kompak permainan tim ini,” tandas Enrique. (gl/mac)

________________________________________________________________________________________

13 September 2011 | 03:31

Posisi Enrique Dijamin Masih Aman

Luis Enrique/ Getty Images Setelah mendapat dukungan penuh dari para pemainnya, status Luis Enrique di skuad AS Roma dipastikan aman menyusul penegasan yang terlontar dari sang pemilik klub, Thomas Di Benedetto.

Pengusaha asal Amerika Serikat itu menegaskan status Enrique di Trigoria adalah “tak tersentuh” alias aman dari ancaman pemecatan. Di Benedetto juga sadar Enrique membutuhkan waktu untuk membangun kekuatan baru I Lupi.

“Pelatih asal Spanyol itu (Enrique) posisinya aman, meski kami harus kalah di setiap laga,” tegas Di Benedetto. “Program kami butuh waktu. Kmai harus mendukung Enrique, bukan sebaliknya.”

Nasib Enrique memangs empat menjadi tanda tanya seiring dua kegagalan Roma. Pertama saat kandas di babak play-off Europa League, lalu kalah dari Cagliari pada partai pembuka Serie-A.

De Rossi Masih Percaya Enrique

Kekalahan pada laga perdana di depan puluhan ribu pendukungnya sendiri tentu sangat menyesakkan bagi skuad AS Roma. Kendati demikian, beberapa penggawa masih percaya dengan kualitas pelatih baru mereka, Luis Enrique.

Setelah gagal di pentas Europa League, Roma kembali melanjutkan tren negatif dengan kalah 1-2 dari Cagliari. Enrique yang diharapkan bisa memberi sentuhan magis sampai sekarang masih belum menunjukkan tuahnya.

Meski begitu, Daniele De Rossis ebagai salahs satu pemain senior Roma memperingatkan rekan-rekannya agar tak gegabah. Dia meminta dukungan penuh tetap diberikan kepada sang allenatore.

“Dia pria yang jujur dan pelatih yang penuh inofatif. Seorang pelatih muda yang menyukai penguasaan bola dan taktik menyerang,” puji De Rossi. “Luis Enrique selalu mampu bersikap baik terhadap kami. Dia bicara secara terbuka, dan aku mengapresiasi hal itu. Sangat sulit Roma bsia langsung juara musim ini. Tapi kita harus mendukung proyek yang sudah direncanakan.”

Meski gagal di Europa League dan kalah pada laga pembuka Serie-A, De Rossi tetap menyuarakan optimisme.

“Laga awal tak melulu mudah, tapi kita harus terus berputar. Kegagalan di Europa League berarti kita bisa menghindari perjalanan panjang pada tengah pekan, dan ini bisa menguntungkan kami,” pungkas dia. (irawan)

Apalagi rumor keretakkan hubungan dia dengan kapten Francesco Totti sempat merebak. Namun, Di Benedetto akhirnya membantah isu yang beredar. Posisi Enrique pun dijamin aman. (irawan)

________________________________________

11 September 2011 | 23:15 -Duniasoccer

Roma Kalah, Enrique Pasang Badan

Sebagai pelatih, Luis Enrique merasa bertanggung jawab penuh atas hasil apapun yang diraih AS Roma. Termasuk kekalahan pada laga debut Serie-A melawan Cagliari malam tadi, (11/9).

Roma yang bermain di kandang sendiri secara mengejutkan dipecundangi Cagliari dengan skor 2-1. Ditambagn Jose Angel yang harus diganjar kartu merah pada laga debutnya.

Menyikapi kekalahan tersebut, Enrique sadar tanggung jawab penuh ada di pundaknya. Meski dia mengaku sejatinya Roma sudah bermain sangat baik.

“Kami mampu menguasai ball-possessions,  terutama di babak kedua, tapi gagal memanfaatkan peluang,” keluh Enrique. “Saya kerap ditanyai hal serupa sejak tiba di sini. Berapa lama kami butuh waktu untuk menyatukan tim? Saya punya skuad bagus, dan tentu saya kecewa dengan hasil yang kami raih, terutama untuk fans.”

“Saya juga tak bisa menjawab pertanyaan itu. Saya tak tahu berapa lama yang dibutuhkan untuk proyek ini. Pihak klub tak memberikan saya batasan untuk hal itu,” imbuh dia.

Mengenai kegagalan di Europa League dan pertandingan pertama Serie-A, Enrique juga siap bertanggung jawab.

“Semua salah saya, tak perlu diragukan lagi. Tim menyerang secara tim, dan gagal mencetak gol. Dan itu bukan salah striker, tapi semua, termasuk pelatih hingga kiper. Sama halnya jika kami kebobolan,” tambah dia lagi.

Mengenai kartu merah yang diterima Jose Angel, Enrique tak sepenuhnya menyalahkan dia. “Dia bermain bagus, dan sejujurnya karetu merah itu lahir akibat rasa frustrasi dia setelah kebobolan. Tapi dalam pandangan saya, itu seharusnya bukan kartu merah langsung,” pungkas mantan pelatih Barcelona B itu. (irawan)

_______________________________________

10 September 2011 | 22:23 -Duniasoccer

Masa Depan Totti di Tangan Enrique

Luis Enrique/dok.Daylife
Luis Enrique/dok.Daylife

AS Roma akan melakoni laga melawan Cagliari, Minggu (11/9). Keputusan apakah Francesco Totti bakal dimainkan atau tidak bergantung sepenuhnya pada pelatih Luis Enrique.

Situasi di Stadio Olimpico sempat tidak kondusif, menyusul dicopotnya Totti di play-off Europa League. Direktur olahraga Walter Sabatini sampai-sampai mengatakan situasi yang ada “membunuh” Roma, karena perseteruan Totti dan Direktur Franco Baldini.

“Francesco tidak bisa dianggap pemain biasa saja, karena dia telah mencetak 207 gol bagi Roma dan dia istimewa dalam semua yang dilakukannya,” ujar Enrique.

“Tapi saya yang membuat keputusan. Totti adalah pemain yang membuat sejarah Roma, tapi saya punya untuk menggantinya. Saya bisa salah atau benar, tapi itu adalah tanggung jawab saya. Mengerti?,” tandasnya. (Adek)

________________________________________

01 September 2011 | 23:46-Duniasoccer

Roma Bantah Siap Depak Enrique

Luis Enrique/dok. footballitalia Baru dua bulan menangani AS Roma, kabar tak sedap langsung menghampiri Luis Enrique. Pelatih asal Spanyol tersebut dikabarkan segera didepak I Lupi menyusul catatan yang kurang memuaskan selama masa pramusim.

Kabar miring tersebut muncul dari mulut Presiden Palermo, Maurizio Zamparini. Keinginan Zamparini merekrut pelatih Delio Rossi menjadi penyebabnya. Menurut Zamparini, upaya itu terkendala karena Roma menawari jabatan pelatih kepada Rossi.

Mendengar kabar tersebut, I Lupi buru-buru membantahnya. Hal tersebut dikatakan direktur olahraga Walter Sabatini. “Tidak perlu banyak menanggapi komentar presiden Palermo,” ujarnya kepada Sky Sport Italia .

“Pelatih kami adalah Luis Enrique. Dia akan tetap menjadi pelatih kami untuk jangka waktu yang lama. Dia merupakan pelatih yang hebat bagi kami. Tidak ada pembicaraan dengan Rossi,” tegas Sabatini. (Okky)

_______________________________________

26 Agustus 2011 | 17:44 – Duniasoccer

Posisi Enrique di Roma Masih Aman

Luis Enrique/ Dok. Daylife Tersingkir dari ajang Europa League tak lantas membuat posisi sang pelatih AS Roma, Luis Enrique terancam. Setidaknya, jaminan itu sudah diberikan oleh direktur olahraga Roma, Walter Sabatini.

Enrique memang sedang berada dalam tekanan setelah para suporter kecewa I Giallorossi gagal lolos ke fase selanjutnya. Keputusannya mengganti kapten Francesco Totti dalam laga itu juga banyak mengundang pertanyaan.

Namun, Sabatini rupanya masih berada di belakang pelatih asal Spanyol itu. “Luis Enrique tidak akan didiskusikan. Kami bangga terhadapnya. Saya berharap keputusannya tak dikritisi,” bela Sabatini, seperti dilansir Football Italia .

“Terkadang kemenangan yang besar dibangun dari beberapa kekalahan dan saya  melihat kubu dengan kehormatan yang besar. Kami inigin membuat sesuatu yang penting,” lanjutnya.

Keputusan Mengganti Totti Tepat

Pelatih AS Roma, Luis Enrique tak mau dipersalahkan terkait keputusan kontroversialnya menarik keluar Francesco Totti pada laga Europa Leauge melawan Slovan Bratislava. Hanbya bisa bermain imbang 1-1, tim ibukota Italia itu harus angkat koper karena kalah 0-1 saat leg pertama.

Sang kapten ditarik keluar dan digantikan oleh Stegano Okaka 15 menit jelang pertandingan berakhir. Dan, justru Slovan berhasil menyamakan kedudukan lewan gol Stepanovsky pada menit ke-82.

“Semua orang bertanya kepada saya mengenai Totti. Saya menghormati fans, tapi saya melihat apa yang terjadi saat latihan dan keputusan saya berdasarkan pada aspek itu. Suporter tak bisa mempengaruhi keputusan saya,” tegas Enrique kepada Football Italia .

“Saat pertandingan, saya membuat perubahan untuk keuntungan tim secara keseluruhan. Mudah untuk mengkritik saya saat ini, tapi saya hanya membuat pilihan,” lanjutnya.

Ia pun kecewa dengan respon penonton saat itu. Namun, tetap meminta maaf karena tak bisa menuntaskan keinginan fans untuk melihat timnya melaju. “Reaksi penonton mengecewakan. Ada banyak fans di luar sana dan atmosfernya fantastis, maaf karena meraka harus pulang dengan tak mengenakan,” tutur sang allenatore. (JoPauline)

_________________________________________

19 Agustus 2011 | 15:51

Enrique Tak Sesali Kekalahan Roma

Luis Enrique/ Getty Images Kekalahan 0-1 dari Slovan Bratislava pada leg 1 babak play-off Europa League membuat langkah AS Roma kian berat. Akan tetapi, pelatih Luis Enrique justru enggan terlalu mempersoalkan serta menyesali hasil tersebut.

Enrique berusaha melupakan kekalahan itu dan memilih menatap laga ke depan. Mengenai keputusannya mencadangkan Marco Borriello dan Francesco Totti, itu pun didasari alasan taktik belaka.

“Saya memilih 11 pemain yang terbaik untuk laga ini. Dan saya tak menyesali keputusan yang sudah saya buat,” tegas Enrique.

Roma sejatinya lebih menguasai jalannya pertandingan, dan mampu menciptakan banyak peluang. Sayang, pada 10 menit terakhir gawangnya terpaksa dibobol tuan rumah.

“Pada babak pertama, kami menciptakan beberapa peluang, dan mereka hampir tak pernah mendekati gawang kami. Tapi kami tak cukup tenang dalam penyelesaian akhir. Kami menyesali hasil yang seharusnya bisa menang sejak babak pertama, tapi sekarang kami tak bisa memikirkan itu. Ketika kita gagal, kita harus bangkit,” tandas dia.

“Hasil memang mengecewakan, tapi saya melihat sisi bagus dari skuad ini. Kami tak bisa menang di Bratsilava, dan mari berharap kita akan meraihnya pada Kamis depan. Leg kedua sekarang menjadi sedikit berat, dan kami butuh bantuan fans,” pungkas Enrique. (irawan)

_______________________________________

Enrique: Roma Masih Harus Berbenah

Rejdo Prahananda – Okezone- Minggu, 14 Agustus 2011 11:02 wib
Luis Enrique/Daylife

VALENCIA – Kekalahan tiga gol tanpa balas yang didapat AS Roma saat berhadapan dengan Valencia di laga pemanasan, ditanggapi sinis oleh sang allenatore, Luis Enrique. Menurutnya, mental kenak-kanakan anak asuhnya harus diubah.

Dalam pertandingan pemanasan tersebut, tidak disangka Roma yang begitu berambisi meraih hasil terbaik di edisi 2011/12 nanti harus menelan kekalahan dengan skor cukup telak. Kesalahan lini belakang disinyalir menjadi penyebab kekalahan Il Lupi dalam laga pra musim itu.

Berkaca dari kekalahan ini, Enrique menyatakan masih banyak hal yang harus dibenahi menyambut musim kompetisi Serie A yang bergulir pada 27 Agustus mendatang. “ Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan,” kata pelatih asal Spanyol tersebut di Football Italia, Minggu (13/8/2011).

“Dalam jenis permainan, terhadap tim papan atas, jika Anda tidak 100% terkonsentrasi dalam pertahanan dan kemudian menyerang, Anda menjalankan banyak resiko,” ketus Enrique mengkritik transisi permainan Roma saat naik ke depan turun bertahan.

“Dua gol pertama terjadi karena kesalahan kekanal-kanakan. Kami tidak bisa mengategorikan ini sebagai keuntungan untuk tim seperti Valencia, yang tampil superior di depan kami dalam segala hal,” lanjut mantan entrenador tim Barcelona yunior ini.

“Kami bermain bagus di awal babak kedua, tapi saya tidak suka satu hal tentang pendekatan defensif di babak pertama. Jika Anda tidak bertahan dan menyerang dengan semua 11 pemain, maka Anda tidak akan pernah mencapai kesuksesan,” tuntas Enrique.

____________________________________________________________________

13 Agustus 2011 | 13:51

De La Pena Apresiasi Kebaikan I Lupi

Ivan De La Pena/Dok. SOCCERBelum juga musim berjalan, Ivan De La Pena harus meninggalkan AS Roma. Asisten pelatih Luis Enrique itu pada Kamis (11/8) memutuskan kembali ke Spanyol lantaran alasan personal.

Kubu Roma pun mengizinkan De La Pena untuk menyelesaikan urusan keluarganya itu hingga batas waktu yang tak ditentukan. Hal yang membuat mantan pemain Barcelona itu merasa dihargai.

“Saya berterima kasih kepada Direktur Walter Sabatini dan seluruh individu di Roma. Terutama Luis Enrique yang sudah saya anggap seperti kakak kandung sendiri. Mereka begitu mengerti situasi yang saya hadapi,” jelas De La Pena di situs resmi klub.

“Mereka pun selalu membuka pintu lebar-lebar untuk saya. Saya berterima kasih karenanya,” tambah De La Pena yang yakin musim ini akan berjalan baik bagi I Lupi.

Soal permasalahan yang dihadapinya, De La Pena mengakui segalanya sudah mulai membaik. Kendati sakit yang diderita salah satu keluarga dekatnya tidak terlalu parah, De La Pena merasa harus berada di Barcelona untuk memberikan dukungan moril. (jalu)

________________________________________________________________

11 Agustus 2011 | 22:33 Duniasoccer

Enrique Ditinggal Pergi De La Pena

Luis Enrique/ Getty Images Sebuah kabar mengejutkan datangd ari Trigoria, markas AS Roma. Asisten pelatih Ivan De La Pena dikabarkan pergi meninggalkan Trigoria untuk periode yang belum ditentukan.

Saat ini status De La Pena adalah asisten pelatih baru Roma, Luis Enrique. Pengalaman pria berkepala plontos itu bersama Lazio dirasa akan sangat berguna demi membantu Enrique.

Namun, Kamis (11/8) ini pihak klub menyatakan Del La Pena meminta izin meninggalkan klub untuk waktu yang tidak ditentukan. Disinyalir, langkah itu diambil De La Pena karena masalah pribadi.

Enrique sendiri masih belum berkomentar mengenai keputusan asistennya tersebut. Dia hanya berbicara mengenai kebijakan transfer yang dilakukan klubnya pada musim panas ini. Termasuk isu bakal hengkangnya David Pizarro dan Marco Borriello.

“Saya tak ada masalah dengan Borriello dan Pizarro. Mereka memberikan yang terbaik, dan penting buat kami. Saya mendukung mereka 100 persen,” bilang Enrique.

Mengenai rumor ketertarikan terhadap striker Espanyol, Pablo Osvaldo, Enrique pun memiliki pandangan pribadi. Kabarnya Osvaldo menjadi opsi Roma setelah kesulitan memboyong Nilmar dari Villarreal.

“Dibanding memilih antara Osvaldo dan Nilmar, saya senang jika memiliki keduanya. Butuh kesabaran. Tak mudah merekrut pemain yang kita inginkan. Inilah bagaimana bursa transfer bekerja,” pungkas dia. (irawan)

____________________________________________________________________

02 Agustus 2011 | 22:16 (duniasoccer)

Enrique Merasa Bukan Harry Potter

Luis Enrique/Getty ImagesPelatih asal Spanyol, Luis Enrique, akan segera merasakan atmosfer kompetisi Serie-A pertama dalam kariernya. Bersama AS Roma, Enrique mendapat tuntutan untuk membawa I Lupi merebut scudetto yang terakhir kali diraih pada musim 2000-01.

Namun, Enrique ternyata sadar bila dirinya tidak berani menjamin gelar di musim pertamanya nanti. Sebab, beberapa faktor juga sedikit meresahkan Enrique.

“Kami kehilangan beberapa pemain dan mereka yang tidak ingin proyek ini lebih baik untuk pergi. Saya tidak memiliki bola kristal. Yang jelas saya bukan Harry Potter!” tegas Enrique menanggapi peluang timnya.

Kendati demikian, Enrique melihat perkembangan yang memuaskan dari para pemain selama dirinya berada di Trigoria, markas latihan Roma.

“Saya merasa optimistis dengan apa yang dilihat pada saat latihan. Saya benar-benar menyukai sikap para pemain. Saya tidak ingin kami berubah terlalu banyak pada musim panas ini,” pungkas mantan pelatih Barcelona B itu. (Okky)

_____________________________________________________________

Enrique Tetap Tenang Meski Roma Kalah

Luis Enrique/ Getty ImagesPelatih AS Roma, Luis Enrique mengaku tetap tenang meski timnya harus mengalami kekalahan dari Paris Saint Germain semalam (26/7). Menurutnya, kekalahan itu biasa terjadi dalam sebuah pertandingan sepak bola.

I Giallorossi harus menderita kekalahan 0-3 dalam pertandingan yang berlangsung selama 45 menit itu. Laga tersebut merupakan bagian dari turnamen segitiga yang juga diikuti Wacker Innsbruck.

“Saya tak cemas. Kami harus memulai era baru dan sekarang kami menggunakan metode latihan yang baru. Kekalahan itu bisa terjadi bahkan jika kami kemasukan gol-gol akibat kesalahan pertahanan,” ungkap Enrique kepada Football Italia .

“Kami juga merasa PSG jauh lebih siap ketimbang kami dari segi persiapan,” kilah sang allenatore.

Sebelumnya, Roma berhasil menang atas Innsbruck 1-0 berkat gol tunggal dari Gianluca Caprari. Hasil serupa juga didapatkan PSG saat menghadapi Innsbruck. (JoPauline)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: