asromaasik

Serigala Ibu Kota

Damiano Tommasi

03 September 2011 | 22:20-Duniasoccer

Pekan Depan, Serie A Bergulir

Kabar gembira bagi pencinta sepak bola Italia. Sumber dalam Asosiasi Pemain Italia (AIC) mengklaim, kesepakatan telah tercapai dan para pemain akan menghentikan aksi mogoknya.Musim kompetisi baru Serie A 2011-12 terpaksa ditunda, menyusul aksi protes AIC terhadap Lega Calcio karena menolak menandatangani kontrak penawaran kolektif. Namun kini, permasalahan sepertinya telah terselesaikan.

“Kontrak akan ditandatangani paling lambat pada Senin tanggal 5 September. Hanya tinggal menyelesaikan masalah detil tentang teknis,” beber sumber dalam AIC kepada kantor berita Italia, Ansa.

“Kami hanya membutuhkan beberapa hal untuk dimasukkan dalam regulasi dan pengacara kami tengah bekerja untuk menyelesaikannya,” lanjut sumber itu.

Jika benar, maka ini berarti kick-off Serie A akan dimulai pada akhir pekan depan. Laga pertama AC Milan versus Lazio akan dimulai pada Jumat (9/9) malam.

Kemudian, pada Sabtu (10/9) akan digelar laga Cesena versus Napoli. Pada Minggu (11/9) akan digelar Juventus versus Parma dan Palermo versus Inter Milan. (Adek)

__________________________________________________________________________________________
 26 Agustus 2011 | 18:36 – Duniasoccer

Tak Ada Laga Serie-A Pekan Ini

Damiano Tommasi/ dok.DaylifeAkhirnya kesepakatan antara Asosiasi pemain Serie-A (AIC) dan pihak otoritas kompetisi Serie-A (Lega Serie-A), gagal tercapai. Hasilnya, sesuai ancaman semula, giornata 1 Serie-A yang sedianya digelar akhir pekan ini resmi ditunda.

Pada pertemuan terakhir antara AIC dan Lega Serie-A Jumat (26/8) ini, kedua pihak kembali gagal mencapai kesepakatan terkait kontrak kolektif yang dituntutkan. Hal tersebut memaksa ancaman boikot dari AIC akhirnya terlaksana selang sehari menjelang bergulirnya Serie-A musim 2011-12.

“Kami sudah berusaha menyelesaikannya sampai akhir, tetapi semua upaya itu sia-sia,” ujar Presiden AIC Damiano Tommasi. “Para pemain sangat kecewa karena mereka tidak dapat berlaga.”

Sengketa antara AIC dan Lega Serie-A terkait dua poin penting dalam kontrak kolektif yang ditandatangani semua pemain.

Yang pertama adalah terkait kekuasaan pelatih membekukan pemain dari kepelatihan di skuad utama. Dan masalah kedua adalah mengenai pajak solidaritas dari pemain bergaji tinggi.

Kamis (25/8) kemarin Asosiasi Sepak Bola Italia (FIGC) menawarkan 20 juta euro untuk membantu masalah pembayaran solidaritas. Dan, pagi ini Tommasi menawarkan menandatangani kontrak sementara sampai Juni 2012, dengan dua titik kunci dihilangkan, agar musim bisa memulai. Namun langkah tersebut tidak disepakati Lega Serie-A.

“Tidak jelas mengapa kita harus menandatangani perjanjian yang menyimpang dari sengketa asli,” kata presiden Lega Serie-A, Maurizio Beretta.

Rencananya, pertemuan akan kembali diatur pada 2 dan 10 September, setelah jeda internasional, tapi tampaknya hal itu tidak akan berarti tertentu.

“Kemungkinan aksi mogok berkepanjangan adalah masalah yang harus diselesaikan,” kata presiden FIGC Giancarlo Abete. “Ada risiko ketika berpikir tentang bagaimana kelangsungan kompetisi ke depannya.”

Tommasi menambahkan, “Saya mendapat kesan jika solusi tidak ditemukan segera, maka tidak akan memakan waktu 15 hari untuk menyelesaikan, jaraknya bukan hanya 1 sampai 2 pekan, tapi sebulan,” pungkas dia. (irawan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: