asromaasik

Serigala Ibu Kota

AS Roma VS Cesena

Review: Totti Bawa Roma Hancurkan Cesena

22-01-2012 02:06

 | Francesco Totti

Review: Totti Bawa Roma Hancurkan Cesena

Francesco Totti (c) AFP

Bola.netAS Roma berhasil menjaga konsistensi berada di jalur kemenangan dengan menghancurkan Cesena 5-1 di Stadion Olimpico, Minggu (22/01).

Laga baru berjalan satu menit, Francesco Totti sudah berhasil membawa Roma unggul lewat tendangan kaki kanannya yang menjebol gawang Antonioli usai menerima umpan dari Erik Lamela.

Unggul cepat membuat Roma semakin percaya diri, Francesco Totti kembali mencetak gol untuk menggandakan keunggulan Roma di menit ke-8, lagi-lagi dengan umpan bola dari Erik Lamela.

Giallorossi benar-benar menggila, belum usai euforia dua gol di menit awal, Roma kembali mencetak gol ketiga pada menit ke-9 lewat kepala Fabio Borini. Melalui skema serangan balik, Leandro Greco melepas umpan silang yang kemudian berhasil disundul Borini melewati Antonioli.

Tertinggal 3 gol terbukti membuat mental pemain Cesena menjadi terpuruk. Terbukti di sepanjang babak pertama, penguasaan bola mereka tertinggal jauh dari Il Lupi, dengan perbandingan 20% : 80%. Dan hanya melepas satu tendangan mengarah ke gawang Roma. Skor 3-0 untuk keunggulan Roma bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua, Roma yang masih mendominasi permainan hampir saja menambah keunggulan melalui tendangan Heinze. Namun sayangnya bola tendangan pemain asal Argentina itu masih melenceng di atas mistar Cesena.

Terlalu asyik menyerang meninggalkan lubang di barisan pertahanan Roma. Cesena berhasil mencuri satu gol di menit ke-58 melalui penyerang mereka, Eder. Lolos dari kawalan bek Roma, Eder yang menerima umpan bola dari Antonio Candreva kemudian melepaskan tendangan kaki kirinya yang tidak mampu dibendung Stekelenburg.

Meski asa sempat menghampiri Cesena, mereka kembali harus menelan pil pahit kala Juan menambah keunggulan Roma menjadi 4-1 dengan sundulan memanfaatkan bola dari tendangan penjuru.

Roma akhirnya menutup pertandingan dengan skor telak 5-1 setelah pada menit ke-70, Miralem Pjanic berhasil melepas tembakan keras yang tak mampu diantisipasi dengan baik oleh Antonioli.

Kemenangan ini untuk sementara mengatrol posisi Roma ke peringkat 6 pada papan klasemen dengan 30 poin. Sementara Cesena masih saja terpuruk di posisi 18 dengan 15 poin.

Susunan Pemain Kedua Tim:
Roma: Stekelenburg; Heinze, Juan (Kjaer 74), Taddei, Rosi; Gago, Greco, Pjanic; Borini, Totti (Viviani 65), Lamela (Bojan 56).

Cesena: Antonioli; Rodríguez, Steve von Bergen, Maurizio Lauro (Moras 66), Comotto; Giuseppe Colucci (Benalouane 77), Roberto Guana, Marco Parolo, Luca Ceccarelli; Adrian Mutu (Candreva 45), Eder.  (bola/mac)

_______________________________________________________________________________________

Preview: Roma vs Cesena, Ujian Konsistensi

21-01-2012 18:00

 | Luis Enrique

Preview: Roma vs Cesena, Ujian Konsistensi

Para serigala ibukota siap ladeni Cesena di Olimpico © AFP

Bola.net – AS Roma akan menjamu Cesena akhir pekan ini di Stadio Olimpico dengan sama-sama mengusung keyakinan diri yang baru menuju akhir paruh pertama Serie A musim ini.

Giallorossi menuju setengah perjalanan kompetisi dengan bekal form terbaik dalam 12 bulan terakhir. Meski laga pekan kemarin lawan Catania harus dihentikan pada skor 1-1 akibat banjir menggenangi lapangan, kepercayaan diri yang tengah tinggi dalam skuad tetap tak berkurang.

Mental positif yang tengah berkembang di seputar klub saat ini juga diperkuat dengan fakta bahwa para serigala ibukota sudah kembali ke kondisi fit sepenuhnya, kendati Daniele De Rossi diragukan tampil akibat cedera. Fabio Borini dan Aleandro Rosi dilaporkan siap tampil sementara David Pizarro juga dikabarkan telah pulang dari Chile dan siap menegaskan kembali komitmennya dengan La Magica.

Hal paling signifikan untuk menjaga level Roma mungkin adalah fokus pelatih Luis Enrique. Meski tampil apik di babak kedua pekan kemarin, pelatih asal Spanyol itu disebut menghabiskan setengah jam untuk membedah permainan buruk mereka di babak pertama. Perhatian pada detail, di luar hasil yang mereka raih, tampaknya memuaskan manajemen yang siap memberi kontrak baru untuk Luis Enrique.

Sementara Cesena pun menyimpan keyakinan diri yang hampir serupa setelah mereka meraup tiga poin krusial di kandang sendiri lawan Novara akhir pekan kemarin. Meski masih terperangkap di zona merah, kemenangan itu cukup berharga karena mengakhiri rangkaian empat kekalahan beruntun di semua ajang bagi pasukan Daniel Arrigoni.

Namun mereka juga punya masalah serius dengan ketergantungan pada sosok Adrian Mutu yang memiliki peran langsung dalam setiap gol Cesena ketika memenangi tiga laga terakhir.

Dengan rekor gagal menjaga clean sheet dalam lima pertandingan terakhir di semua ajang, bahkan mereka hanya meraihnya dua kali saja saat tandang, ambisi Cesena meraih hasil positif di Stadio Olimpico tampak menjadi misi teramat berat.

Form Lima Laga Terakhir:
Roma: Kalah – Seri – Menang – Menang – Menang
Cesena: Menang – Kalah – Kalah – Kalah – Menang

Hasil Musim Lalu:
Roma 0-0 Cesena

Statistik:
Cesena tak pernah mengalahkan Roma di divisi utama, dan hanya mengemas lima hasil seri dan lima kekalahan dalam 10 pertemuan sebelumnya. Mereka juga tak pernah mencetak lebih dari satu gol lawan Giallorossi di Serie A.

Perkiraan Pemain Roma:
Stekelenburg; Rosi, Juan, Heinze, Taddei; Pjanic, Gago, Simplicio; Totti; Borini, Lamela

Perkiraan Pemain Cesena:
Antonioli; Comotto, Von Bergen, Rodriguez, Lauro; Ceccarelli, Guana, Colucci, Parolo; Eder, Mutu
  (bola/row)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: