asromaasik

Serigala Ibu Kota

Udinese VS Roma

26 November 2011 | 08:38

Kendati Kalah, Luis Enrique Tak Terlalu Kecewa

Luis Enrique/Dok. SOCCER

Luis Enrique/Dok. SOCCER

Kekalahan yang didapatkan dari Udinese memutus catatan apik AS Roma. Kendati demikian, pelatih Roma, Luis Enrique, merasa timnya tak tampil buruk pada laga tersebut.

“Ini hanya satu kekalahan, tak lebih. Saya tak melihat kami tampil lebih buruk dibandingkan Udinese,” jelas pelatih asal Spanyol itu usai pertandingan. “Hasil imbang mungkin akan adil bagi kedua tim.”

Pada laga tersebut, Enrique sebenarnya sudah memerintahkan dua bek sayapnya untuk berhati-hati terhadap serangan balik. Dalam pandangan Enrique, instruksi itu sudah dijalankan dengan baik oleh pemainnya.

“Saya senang dengan performa para pemain. Kami tahu Udinese tengah berada dalam kondisi puncak. Faktanya, saat ini tim tersebut berada di puncak klasemen,” komentar Enrique lagi. “Namun, kami pun harus terus memperbaiki diri dan itu pasti bisa kami lakukan.”

Mantan pelatih Barcelona B itu menilai timnya saat ini masih dalam tahap proses. Menurutnya, I Lupi telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Jauh lebih baik dibandingkan saat pertama dirinya datang ke Trigoria. (jalu)

___________________________________

Review: Udinese Tundukkan Serigala Roma

Review: Udinese Tundukkan Serigala Roma

26-11-2011 04:50

Bola.net – Udinese berhasil mengalahkan AS Roma dengan skor 2-0 di Giornata ke-13 sekaligus semakin menegaskan keangkeran kandangnya, Stadion Friuli, dengan tak tersentuh kekalahan, Sabtu (26/11) dini hari.

Sejak menit pertama, kedua tim benar-benar langsung jual beli serangan, bahkan beberapa kali serangan yang dibangun oleh Udinese dan Roma membuat lini belakang keduanya harus bekerja ekstra keras.

Meski begitu, hingga 25 menit pertandingan berjalan tak ada gol yang berhasil tercipta, peluang-peluang emas lebih banyak yang terbuang akibat buruknya penyelesaian akhir.

Namun, bila dilihat dari kendali permainan, Udinese tampaknya lebih banyak memegang bola, permainan cepat satu-dua sentuhan yang dikhawatirkan oleh pelatih Roma, Luis Enrique pun terjadi.

Skuad asuhan Francesco Guidolin ini terus membuat peluangnya dengan hanya beberapa kali sentuhan, meski belum ada gol yang berhasil tercipta.

Walau begitu, banyak peluang-peluang Udinese yang terbuang karena terjebak offside, selain itu terlalu bernafsunya para pemain Udinese untuk mencetak gol membuat banyaknya tendangan ke arah gawang yang tak menemui sasaran.

Roma sendiri baru mulai keluar dari tekanan di akhir babak kedua, beberapa kali Serigala Roma ini berhasil merangsek ke jantung pertahanan Udinese, meski tak ada peluang yang benar-benar berbahaya.

Hingga babak pertama berakhir, kedua tim harus puas dengan hasil imbang 0-0.

Di babak kedua, baik Udinese maupun Roma tak mengubah gaya permainannya, namun kali ini kedua tim mampu menampilkan permainan cantik satu-dua sentuhan dengan sangat cepat, walaupun bola masih sering berkutat di lini tengah.

Adu skil yang dipertontonkan oleh kedua tim benar-benar cukup menarik untuk disaksikan. Meski, sekali lagi belum ada peluang emas yang berhasil tercipta.

Akhirnya, sebuah pertandingan yang cukup cepat dan menarik ini menghasilkan sebuah gol, adalah pemain veteran Italia, Antonio Di Natale dengan ketenangan dan juga skil yang dimilikinya berhasil membuat Maarten Stekelenburg memungut bola dari gawangnya.

Gol tersebut lahir dari sebuah umpan jauh Giampiero Pinzi yang melihat Di Natale telah berlari menuju kotak penalti Roma, dengan sekali kontrol menggunakan kepalanya, Di Natale berhasil melakukan tendangan keras kaki kanan yang menghujam deras di pojok kanan gawang Roma, 1-0 untuk Udinese di menit ke-79.

Udinese pun semakin tak terbendung, di menit ke-88 sebuah serangan balik yang sangat cepat oleh Pablo Armero yang kemudian memberikan umpan manis kepada Mauricio Isla membuat kedudukan berubah menjadi 2-0.

Gol dari Isla tersebut menjadi gol penutup di pertandingan ini, Udinese pun semakin memperkokoh posisinya di puncak klasemen sementara dengan 24 poin.

Sedangkan Roma masih tertahan di posisi kelima dengan 17 poin. (bola/end)

_______________________________________________________________________________

Preview: AS Roma vs Udinese

Preview: AS Roma vs Udinese

Fransesco Totti dan Antonio di Natale kemungkinan akanberadu tajam lagi dini hari nanti © AFP
25-11-2011 20:01

Bola.net – Duel dengan rekor menarik akan tersaji di Serie A dini hari nanti. Udinese dengan rekor kandang tak terkalahkan musim ini akan menjamu AS Roma, klub yang rekornya menjadi momok bagi Fransisco Guidolin.

Jago kandang, sebutan yang pas bagi Udinese. Tercatat Fiorentina, Bologna, Novara, Palermo dan Siena semuanya harus pulang tanpa angka saat mereka bertandang di Stadio Friuli musim ini. Fakta menariknya, Udinese hanya dua kali menelan kekalahan di kandang sejak September 2010 lalu, dan salah satunya AS Roma lah yang mengalahkan mereka.

Giallorossi yang kala itu masih ditukangi Vincenzo Montella mampu menghentikan rekor tak terkalahkan Bianconeri di Friuli musim lalu. Sebuah kekalahan yang cukup menyakitkan bagi Udinese, karena gol kemenangan Francesco Totti terjadi di menit ke-994 dalam laga yang berlangsung April tahun ini tersebut.

Kedigdayaan Roma atas Udinese semakin terlihat kala berkaca dari statistik pertemuan mereka atas pelatih tim tuan rumah nanti, Francesco Guidolin. Sepanjang karirnya sebagai Allenatore di beberapa klub, sudah 25 kali Guidolin menghadapi I Lupi. Hasilnya, ia kalah dalam enam pertemuan terakhir dan rekor totalnya hanya lima kali menang, empat kali imbang, dan kalah 16 kali.

Walau begitu, Guidolin mengaku tak gentar menghadapi statistik yang menyudutkannya nanti dan menjanjikan kalau laga nanti malam tak akan mudah. Yang membuat ia pede adalah posisi Udinese saat ini berada setingkat lebih tinggi daripada Roma yang berada di peringkat kelima klasemen, dengan gap empat angka.

“Tambahkan fakta bahwa saya mereka adalah lawan yang paling sedikit saya curi poinnya sepanjang karir saya, tapi kita semua tahu ini takkan jadi laga mudah,” tantangnya.

Dari kubu Luis Enrique, mereka tidak akan diperkuat Fabio Borini, David Pizarro dan Nicolas Burdisso di laga ini. Francesco Totti statusnya masih diragukan untuk tampil, walau ia sudah terlihat latihan bersama rekan-rekannya. Sementara Udinese dipastikan hanya Paulo Vitor Barreto yang harus absen.

Akankah Enrique mampu meneruskan rekor Roma atas Guidolin dini hari nanti? Atau Srigala Roma itu harus tunduk karena keangkeran Friuli? Jawabnya dapat kita saksikan di Indosiar pada Sabtu pukul 02:45 WIB nanti.

Fakta menarik lainnya dari laga ini:
– Kedua tim sama-sama belum menuai hasil seri dan mengemas tiga kali kemenangan dan dua kali kekalahan di lima laga terakhir mereka.
– Roma menang 4 kali dari enam kali lawatan Serie A mereka ke Udinese

Perkiraan susunan pemain:
Udinese: Handanovic; Benatia, Danilo, Domizzi; Basta, Isla, Pinzi, Asamoah, Armero; Floro Flores; Di Natale
Roma: Stekelenburg; Rosi, Kjaer, Heinze, Taddei; Pjanic, Gago, De Rossi; Totti; Lamela, Osvaldo      (afp/mxm)

________________________________________________________________________

25 November 2011 | 00:53

Roma Hadapi Udinese (Masih) Tanpa Pangeran

Francesco Totti/ dok.DaylifeMasalah cedera masih mengganggu kestabilan AS Roma. Selain Nicolas Burdisso yang harus absen lama akibat cedera lutut, I Giallorossi dipastikan takkan diperkuat kapten tim, Francesco Totti dan juga Marco Borriello melawan Udinese akhir pekan nanti.

Pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Friuli tersebut, menjadi ajang bagi klub asuhan Luis Enrique untuk membuktikan kapasistasnya bersaing dalam perebutan scudetto.

Seperti dilansir Football Italia , Sang Pangeran Roma itu absen akibat cedera engkel saat menjalani latihan kemarin. Sedangkan Borriello masih belum fit seratus persen untuk diturunkan.

Kemungkinan, Enrique masih akan menerapkan pola 4-3-1-2, dengan duet Pablo Osvaldo dan Bojan Krkic di lini depan. Mereka akan ditopang oleh Erik Lamela yang akan beroperasi sebagai penyerang lubang. (Yosua)

__________________________________________________________________________________

Enrique Terkesan Dengan Permainan Udinese
Enrique Terkesan Dengan Permainan Udinese

Meski lawan, Enrique tetap puji Udinese (c) AFP
25-11-2011 04:16

Bola.net – Pelatih AS Roma, Luis Enrique mengaku kagum dengan permainan yang ditampilkan oleh calon lawannya di akhir pekan ini, Udinese.

“Saya kagum pada bagaimana cara Udinese bekerja,” ujar Enrique.

“Mereka bisa menciptakan peluang dengan hanya melakukan tiga sentuhan,” tambah mantan pelatih Barcelona B ini.

Meski begitu, Enrique tetap yakin dengan kemampuan skuadnya, dan menegaskan bahwa timnya harus tampil dengan gaya Roma dan terus memberi tekanan pada Udinese.

“Kami harus bermain dengan cara kami sendiri. Jika kami bisa memegang kendali permainan maka kami bisa memberikan mereka kesulitan,” yakinnya.

“Saya sedikit penasaran dengan apa yang bisa kami lakukan kepada mereka. Saya ingin melihat seberapa lapar kami untuk melawan Udinese.”

Namun, usaha Enrique untuk menghadapi Udinese sedikit mengalami gangguan, apalagi kalau bukan karena cedera yang terus menghampiri mereka.

Roma masih akan tanpa Francesco Totti yang kembali mengalami cedera, selain itu, lini belakang mereka juga mulai kekurangan pemain setelah cedera parah yang menghampiri Nicolas Burdisso.

Selain itu, Juan dan juga Cicinho pun masih dalam kondisi yang tak fit. Kondisi yang sama dengan striker Marco Borriello.

Sedangkan di lini tengah, Roma juga masih memiliki masalah dengan negosiasi kontrak Daniele De Rossi yang tak kunjung beres. Namun, Enrique yakin hal tersebut tak akan menjadi kendala berarti, karena De Rossi sendiri akan memberikan segala yang dimilikinya. (foti/end)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: