asromaasik

Serigala Ibu Kota

Agostino Di Bartolomei

Di Bartolomei lahir di pinggiran kota Roma. Dia memulai karir sebagai pemain sepak bola di Garbatella dan direkrut oleh AS Roma tim junior di U-14. Dia segera diminta untuk bermain di tim utama, melakukan debutnya di Italia Serie A pada musim 1972-73.

Pada tahun 1975 ia dipinjamkan ke Vicenza Lanerossi di Serie B untuk membangun prestasinya, kembali ke Roma pada tahun 1976 sebagai salah satu pemain terkemuka dan sangat diperlukan tim.

Setelah Nils Liedholm kembali sebagai pelatih AS Roma, Di Bartolomei menjadi Kapten tim dan menjadi favorit para penggemar. Saat ia bermain, hal itu biasa mendengar para fans Roma menyanyikan Ohhhhhhhhhhhhhhh, Agostino, Ago, Ago, Ago, Agostino gol!

Roma memiliki dua playmaker yang luar biasa, Di Bartolomei dan Pemain asal Brazil, Falcao. Dengan demikian, Liedholm memutuskan untuk menempatkan Bartolomei di depan pertahanan untuk perlindungan, sementara Falcao ditempatkan sebagai peran yang lebih menyerang. Selama di Roma, ia memenangkan Coppa Italia tiga kali, dan kenangan scudetto pada tahun 1983.

Musim berikutnya, ditandai dengan kekalahan adu penalti di final (diselenggarakan di Roma) dari Piala Eropa melawan Liverpool FC , adalah menjadi musim terakhirnya bersama AS Roma.

Setelah meninggalkan Roma, ia dipindahkan ke AC Milan yang mengalami proses membangun kembali setelah periode bencana di mana mereka terdegradasi ke Serie B dua kali. Setelah tiga musim ia meninggalkan Milan dan karirnya melempem setelah bermain untuk Cesena dan Salernitana. Dia akhirnya gantung sepatu pada tahun 1990.

Dia kemudian menderita depresi klinis dalam beberapa tahun kemudian, dan bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri pada tanggal 30 Mei 1994, sepuluh tahun setelah Roma telah kehilangan final Piala Eropa ke Liverpool lewat adu penalti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: