asromaasik

Serigala Ibu Kota

Gabriel Omar Batistuta

informasi pribadi
Nama lengkap Gabriel Omar Batistuta
Tanggal lahir 1 Februari 1969 (umur 43)
Tempat kelahiran Reconquista, Argentina
Tinggi 1,85 m (6 ft 1 in)
Posisi : Striker

Karir yunior
1987-1988 Newell Old Boys yang

Senior karir *
Tahun Tim Apps † (GLS) †
1988-1989 Newell Old Boys yang 24 (7)
1989-1990 River Plate 21 (4)
1990-1991 Boca Juniors 30 (13)
1991-2000 Fiorentina 269 (168)
2000-2003 Roma 63 (30)
2003 → Internasional (pinjaman) 12 (2)
2003-2005 Al Arabi 21 (25)
Jumlah 440 (249)

tim Nasional
1991-2002 Argentina 78 (56)

Karir Di Roma
Batistuta pindah dari Fiorentina di musim 1999-2000 karena tergiur dengan kesempatan untuk memenangkan Scudetto dan Liga Champions. ia Ditransfer ke Roma dalam sebuah kesepakatan senilai 70 juta lira Italia. dan menandatangani kontrak 3 tahun, ia memakai Jersey no 18. Karena no 9 (jersey kebangganya selama di Firenze) telah di pakai Montella.

Dia akhirnya membawa Roma scudetto

Musim berikutnya dengan Roma, ia mengubah no Jerseynya menjadi 20 mengacu pada jumlah gol yang ia mencetak gol di musim sebelumnya

Musin 2002-2003 Dia juga mengenakan jersey 33, sesuai dg usianya pada tahun 2002, Setelah itu dia di pinjamlkan ke Inter. Tapi dia hanya mencetak 2 gol dari 12 laga..

LO SAPEVATE :
kasus Batigol sapaan akrab Batistuta sama dengan Ivan Zamorano, ketika Batistuta datang ke As roma dia menginginkan nomor punggung 9, tapi nomor 9 sudah ada yang punya, yaitu montella. Sempat terjadi perselisihan antara kedua pemain itu sampai bahkan Francesco Totti sang kapten menawarkan nomor punggungnya yaitu 10 kepada kedua pemain itu, tapi mereka menolak. Akhirnya Batistuta mengambil langkah bijaksana dengan memilih nomor 18 yang jika di jumlahkan nomor 1 dan 8 menjadi 9.

nB : F.Totti rela memberikan no.10 nya supaya Batigol dan Montella tidak berselisih paham lagi, Salut buat F.Totti

☼ KRONOLOGI TRANSFER BATISTUTA KE AS ROMA ☼

Special ReQuest by:
Arief Giovinezza Giallorossi

Capello dikenal sebagai seorang manajer yang mampu membuat pemilik klub tidak punya pilihan lain kecuali untuk menurutinya. Termasuk dalam pembelian pemain. Dia selalu mendapatkan pemain yang dia mau, sekalipun pemain tersebut terhitung sangat mahal. Seperti yang dia tunjukkan saat mendapatkan Gabriel Batistuta dari Fiorentina ke AS Roma.

Capello membutuhkan seorang penyerang dengan tipikal pembunuh. Dan juga bertenaga. Seorang striker yang sangat berbahaya di kotak penalti lawan. Pilihan jatuh pada Batigol. Tapi untuk mendapatkannya bukan perkara mudah.

Pertama, Batigol sudah menjadi ikon buat Fiorentina (bahkan warga Firenze membuatkan patung untuknya), sehingga butuh dana besar untuk membelinya.
Kedua, AS Roma bukanlah klub berdana besar seperti Juventus atau duo Milan.

Akhirnya dibuatlah sebuah rencana (atau lebih tepatnya konspirasi). Capello mengajak Franco Baldini, orang yang bertanggung jawab atas transfer pemain di AS Roma, untuk menghubungi Corriere Dello Sport – surat kabar olahraga ternama Italian berbasis di kota Roma – dengan tujuan membuat sebuah cerita bahwa AS Roma bakal merekrut bintang besar. Capello dan Baldini tahu bahwa koran butuh berita. Dan masyarakat bakal membeli koran dengan berita yang bombastis. Maka yang terjadi kemudian adalah Corriere memberitakan bahwa pemilik AS Roma bakal datangkan Batigol.

Mendengar ini warga kota Roma kaget dan seakan tak percaya. Mereka bersuka cita. Franco Sensi, sang Presiden klub dielu-elukan. Sensi sangat kaget sekaligus senang akan situasi ini. “Berapa harga Batistuta, Saya akan bayar…!!”, kata Sensi yang larut dalam Euforia.
Beliau dianggap sebagai pahlawan dan Presiden klub yang sangat pemurah oleh warga kota Roma.

Strategi Capello-Baldini berhasil. Dan Capello adalah otak dari segalanya.

Singkat cerita, 23.5 juta pounds dibayar AS Roma ke Fiorentina untuk seorang Batistuta yang saat itu berusia 30 tahun. Normalnya Sensi hanya mau keluarkan uang kurang dari 10 juta pounds untuk pemain berusia 30 tahun!

Dan akhirnya Capello-Baldini menjawab semuanya dengan gelar Liga Italia Serie-A di tahun bergabungnya Batistuta.

Notes by:
Sandy Kewel Gustiawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: