asromaasik

Serigala Ibu Kota

Serba – Serbi Scudetto Pertama

SERBA SERBI SCUDETTO 1
== Oleh : Albab Al Ayubi ==

 

 

 

JERSEY
Roma menggunakan Jersey ini, saat Scudetto pada Musim 1941-1942. Pada jersey 1941-1942 disebelah Kiri Dada terdapat logo classic AS ROMA, namun pada Jersey 1942-1943 logo klub diganti (sepertinya sesuai peraturan pada saat itu) dengan patch/emblem Scudetto yang terdiri dari Littorio/Lictoriae/liktoria (model Kapak) dan bendera cross (yang pada saat itu ada di tengah bendera Negara Italia) serta sebuah Mahkota kerajaan.

Sekadar Informasi, Patch Scudetto ini digunakan sebelum Perang Dunia II, Italia pernah menggunakannya steelah menjuarai Piala Dunia dan Klub tetangga tidak pernah mendapatkan Patch Scudetto seperti ini

PELATIH DAN PEMAIN
Pada saat ini, Roma dipimpin oleh Pelatih asal Hungaria Alfred Scaffer dan di Gawangi oleh Kiper Guido Masseti dan Striker sekaligus ujung tombak local Amadeo Amadei, di akhir musim Amadei menjadi Runner Up Top Skorer dengan 18 Gol, 4 gol lebih sedikit dari Aldo Boffi (Milano yg sekarang dikenal sbg AC Milan)

Di Klasemen Akhir, dari 16 tim dan 30 games Roma mengoleksi 42 poin atas 16 kemenangan dan 10 hasil imbang. (pada saat itu kemenangan masih dihargai 2 poin, imbang 1 poin) unggul 3 angka dari Torino, sebagai info tambahan klub tetangga berada di posisi 5. Juventus peringkat 6. Milano peringkat 10. Ambrosiana-Inter peringkat 12. Klub terdegradasi adalah Napoli dan Modena.

SEJARAH PACTH SCUDETTO LAMA
Fascio Littorio merupakan perlambang dan symbol kekuasaan pada Romawi Kuno. Terbuat dari silinder kayu pohon Birch dengan lapisan kulit berwarna merah yang merupakan symbol kedaulatan dan persatuan. Di ikuti oleh Kapak Perunggu untuk mewakili kekuatan Hidup dan Mati tahanan Romawi.

Silinder balok tersebut bukan hanya sebagai perlambang saja, namun digunakan juga sebagai cambuk bagi para tahanan, dan Kapak Perunggu digunakan sebagai alat untuk mengeksekusi Mati para tahanan.

Setelah perang Dunia II (1946) Italia yang sebelumnya menganut rezim Fasisme berubah menjadi Negara Republik. Perubahan ini diikuti oleh Bendera Negara yang meninggalkan perisai St. George Cross ditengah bendera. Bendera Lama tersebut mulai di pake tahun 1848-1946.
Kemudian diikuti oleh perubahan patch Scudetto seperti sekarang ini.

Model jersey mayoritas pada era tsb adalah polos denga kerah model V dan 1 buah logo di dada kiri. Nama dan Nomor punggung belum jamak digunakan.
Di bagian belakang anda bisa menggunakan Nama dan Nomor punggung atau polos sama sekali seperti Original.

FORMASI PEMAIN
Formasi (2-5-3 atau 2-1-4-3 atau 3-4-3

KIPER
1 Guido MASETTI (Capitano)

BELAKANG
2 Luigi BRUNELLA
3 Sergio ANDREOLI

GELANDANG
4 Aldo DONATI
5 Edmondo MORNESE
6 Giuseppe BONOMI
7 Naim KRIEZIU
8 Renato CAPPELLINI
10 Aristide COSCIA

PENYERANG
7 Naim KRIEZIU
9 Amedeo AMADEI
11 Miguel Ángel PANTO

______FORZA ROMA 1927_____

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: