asromaasik

Serigala Ibu Kota

MUSIM 2004 – 2005

2004-05

Presiden :Franco Sensi
Pelatih : Cesare Prandelli, (Menggundurkan diri pada 12-9-2004), Rudi Voller (Cuma 4 laga), Ezio Sella ( 1 Laga Roma 4-2 Madrid), Luigi Delneri (Sampai 13 Maret 2005), Bruno Conti.
Asisten : Ezio Sella
DS : Daniele Prade
Kapten : Totti
Serie A : 8
Coppa : Runner Up
UCL :   Babak I
Fakta – Fakta :

  • Meskipun kejuaraan masa lalu berjalan baik,Namun situasi ekonomi perusahaan di 2003-04 mulai memburuk. Manajer klub dipaksa untuk mematuhi tax amnesty yang digulirkan PM Berlusconi. Akhirnya klub kena imbasnya karena menaggung utang.

  • Capello mengundurkan diri dan menandatangai kontrak dengan Juventus, Dan protes keras oleh oleh seluruh lingkungan romanista, dan mengaggap Capello sebagai pengkhianat dari Giallorossi ,

  • Tak hanya Capello, Baldini juga hengkang, Tepatnya pada tanggal 24 Maret 2005, ia mengundurkan diri dari jabatan DS Roma, karena perbedaan pendapat dengan manajemen perusahaan , khususnya dengan CEO Rosella Sensi , yang dimulai konsolidasi fiskal perusahaan dan menerapkan perilaku yang lebih diplomatik daripada ayahnya, dan dikenal dengan “battaglie di palazzo”[ (pertempuran istana “. Di tambah kasus Transfer Mexes yang kontroversial, yang berakibat klub di Ban UEFA, dan membayar kompensasi kepada Auxerre sebesar 7 Juta Euro. Dan pemberlakuan larangan transfer selama 1 musim, (Namun banding menjadi 1/2 musim saja, karena tidak ada bukti yang kuat).
  • Namun perusahaan bergerak cepat, mereka menunjuk Cesare Prandelli , yang sebelumnya pelatih Parma. Pelatih baru disepakati dengan perusahaan membeli beberapa pemain , termasuk gelandang Simone Perrotta ( berasal dari Chievo Verona ) , bek Prancis Philippe Mexes dan Olympique de Marseille , striker Mesir Ahmed Hossam Mido . Namun sebelum musim mulai, Prandelli terpaksa meninggalkan bangku pelatih karena alasan keluarga.

  • Beberapa hari setelah pertandingan pembukaan, Roma menunjuk Rudi Voeller , mantan striker Giallorossi , dan mantan pelatih tim nasional Jerman . Setelah awal yang baik di awal musim melawan Fiorentina (Tim promosi), kemudian setelahnya  serangkaian kekalahan dan Voller akhirnya terpaksa meninggalkan kursi pelatih. Pengunduran diri itu terjadi segera setelah insiden buruk yang melibatkan seluruh tim AS Roma : selama pertandingan pertama Liga Champions melawan Dynamo Kiev , dan tak lama setelah peluit akhir babak pertama , wasit Swedia Anders Frisk terluka di kepala oleh suatu benda (mungkin uang) diluncurkan fans dari tribun di Olimpico . Untuk kejadian ini UEFA memberlakukan kekalahan Roma 0-3 plus penutupan stadion kepada publik selama tiga putaran pertandingan kandang.

  • Setelah pengunduran diri Voeller, Manajemen menunjuk Ezio Sella mantan pelatih Primavera dan Asisten Pelatih. Ia hanya memimpin laga di UCL yaitu Real Madrid – Roma ,
  • Setelah itu Roma menunjuk Luigi Delneri , yang mengubah pola , sering menggelar sebuah trisula serangan dibentuk oleh Totti , Cassano dan Montella . Pilihan untuk bermain dengan tiga striker paling representatif memang meningkatkan hasil tim hanya untuk waktu yang singkat. Namun pertahanan menjadi rapuh, dan menyebabkan Roma menjadi berfluktuasi , dan mempertajam masalah. Akhirnya Delneri mundur, setelah kekalahan berat melawan Cagliari,
  • Perusahaan kemudian memutuskan untuk mempercayakan kursi pelatih kepada mantan pemain Roma Bruno Conti , yang saat itu mengemban direktur akademi, dan memimpin tim hingga akhir musim yang sulit .
  • Meskipun musim ini sangat berat, tim mampu bersaing di final Piala Italia melawan Inter , dan kalah dalam 2 pertandingan.
  • Pada akhir musim, ada berita gembira, yaitu kapten Giallorossi Francesco Totti mengumumkan perpanjangan kontrak hingga 2010 ,

Susunan Pemain
Kiper
22 Ivan Pelizzoli
1   Gianluca Curci
12 Carlo Zotti

Bek
2 Christian Panucci
3 Abel Xavier (Portugal)
5 France Philippe Mexès
7 Luigi Sartor
8 Matteo Ferrari
13 Christian Chivu (Romania)
19 Giuseppe Scurto
25 Leandro Cufré (Argentina)
31 Traianos Dellas (Yunani)

Gelandang
4 Daniele De Rossi
15 Olivier Dacourt (Prancis)
17 Damiano Tommasi
20 Simone Perrotta
21 Gaetano D’Agostino
23 Alberto Aquilani
30 Mancini (Brazil)
32 Vincent Candela (Brazil)
28 Italy Valerio Virga
—  Aleandro Rosi

Penyerang
9 Vincenzo Montella
10 Francesco Totti
11 Daniele Corvia
18 Antonio Cassano
24 Marco Delvecchio
26 Alessio Cerci
99 Mido (Mesir)

Formasi
Roma2004-05

Comments are closed.

%d bloggers like this: